ahmadajah03 Sun Nov 2020 2 years ago

Yang dibutuhkan Dalam Membuat Aplikasi PHP

Untuk mengembangkan dan menjalankan halaman Web PHP, tiga komponen penting perlu diinstal pada sistem komputer Anda.

  • Web Server - PHP akan bekerja dengan hampir semua perangkat lunak Web Server, termasuk Microsoft Internet Information Server (IIS) tetapi yang paling sering digunakan adalah Apache Server yang tersedia secara gratis. Unduh Apache gratis di sini - https://httpd.apache.org/download.cgi
  • Database - PHP akan bekerja dengan hampir semua perangkat lunak database, termasuk Oracle dan Sybase tetapi yang paling umum digunakan adalah database MySQL yang tersedia secara gratis. Unduh MySQL gratis di sini - https://www.mysql.com/downloads/
  • PHP Parser - Untuk memproses instruksi skrip PHP, parser harus diinstal untuk menghasilkan output HTML yang dapat dikirim ke Browser Web. Tutorial ini akan memandu Anda cara menginstal parser PHP di komputer Anda.

Instalasi PHP Parser

Sebelum Anda melanjutkan, penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki pengaturan environment yang tepat pada mesin Anda untuk mengembangkan program web Anda menggunakan PHP.

Ketik alamat berikut ke dalam kotak alamat browser Anda.

http://127.0.0.1/info.php

Jika ini menampilkan halaman yang menunjukkan informasi terkait instalasi PHP Anda, itu berarti Anda telah menginstal PHP dan Webserver dengan benar. Jika tidak, Anda harus mengikuti prosedur yang diberikan untuk menginstal PHP di komputer Anda.

Bagian ini akan memandu Anda untuk menginstal dan mengkonfigurasi PHP melalui empat platform berikut -

Konfigurasi Apache

Jika Anda menggunakan Apache sebagai Server Web, maka bagian ini akan memandu Anda untuk mengedit File Konfigurasi Apache.

Cek saja di sini - Konfigurasi PHP di Apache Server

PHP.INI File Configuration

File konfigurasi PHP, php.ini, adalah cara terakhir dan paling cepat untuk mempengaruhi fungsionalitas PHP.

Cukup Periksa di sini - Konfigurasi File PHP.INI

Konfigurasi Windows IIS

Untuk mengkonfigurasi IIS pada mesin Windows Anda, Anda dapat merujuk Manual Referensi IIS yang dikirimkan bersama dengan IIS.

tutorial php install php php