ahmadajah03 Sun Nov 2020 1 year ago

PHP - Instalasi di Windows dengan Apache

Untuk menginstal Apache dengan PHP 7 di Windows ikuti langkah-langkah berikut. Jika versi PHP dan Apache Anda berbeda, harap berhati-hati.

  • Unduh server Apache dari www.apache.org/dist/httpd/binaries/win32. Anda menginginkan versi rilis stabil saat ini dengan ekstensi no_src.msi. Klik dua kali file penginstal untuk menginstal; C:\Program Files adalah lokasi yang umum. Penginstal juga akan menanyakan apakah Anda ingin menjalankan Apache sebagai layanan atau dari baris perintah atau prompt DOS. Kami menyarankan Anda untuk tidak menginstal sebagai layanan, karena ini dapat menyebabkan masalah dengan startup.

  • Ekstrak arsip biner PHP menggunakan utilitas unzip Anda; C:\PHP adalah lokasi umum.

  • Salin beberapa file .dll dari direktori PHP Anda ke direktori sistem Anda (biasanya C:\Windows). Anda membutuhkan php7ts.dll untuk setiap kasus. Anda juga mungkin perlu menyalin file yang sesuai dengan modul server Web Anda - C:\PHP\Sapi\php7apache.dll. ke direktori modul Apache Anda. Mungkin saja Anda juga membutuhkan orang lain dari subfolder dll. Tetapi mulailah dengan dua yang disebutkan sebelumnya dan tambahkan lebih banyak jika Anda membutuhkannya.

  • Salin php.ini-dist atau php.ini-recommended (sebaiknya yang terakhir) ke direktori Windows Anda, dan ubah namanya menjadi php.ini. Buka file ini di editor teks (misalnya, Notepad). Edit file ini untuk mendapatkan arahan konfigurasi; Pada titik ini, kami sangat menyarankan agar pengguna baru mengatur pelaporan kesalahan ke E_ALL pada mesin pengembangan mereka.

  • Beri tahu server Apache Anda di mana Anda ingin melayani file dan dari ekstensi apa Anda ingin mengidentifikasi file PHP (.php adalah standarnya, tetapi Anda dapat menggunakan .html, .phtml, atau apa pun yang Anda inginkan). Buka file konfigurasi HTTP Anda (C:\Program Files\Apache Group\Apache\conf atau apa pun path Anda), dan buka httpd.conf dengan editor teks. Cari kata DocumentRoot (yang akan muncul dua kali) dan ubah kedua jalur ke direktori tempat Anda ingin menyajikan file. (Standarnya adalah C:\Program Files\Apache Group\Apache\htdocs.). Tambahkan setidaknya satu direktif ekstensi PHP seperti yang ditunjukkan pada baris pertama kode berikut -

LoadModule php5_module modules/php5apache.dll
AddType application/x-httpd-php.php.phtml
  • Anda mungkin juga perlu menambahkan baris berikut -

AddModule mod_php5.c
  • Hentikan dan mulai ulang layanan WWW. Buka menu Start → Settings → Control Panel → Services. Gulir ke bawah daftar ke Layanan Admin IIS. Pilih dan klik Stop. Setelah berhenti, pilih Layanan Penerbitan World Wide Web dan klik Mulai. Menghentikan dan memulai ulang layanan dari dalam Internet Service Manager tidak akan cukup. Karena ini adalah Windows, Anda mungkin juga ingin melakukan boot ulang.

  • Buka editor teks. Ketik: <?php phpinfo(); ?>. Simpan file ini di root dokumen server Web Anda sebagai info.php.

  • Mulai browser Web apa pun dan telusuri file. Anda harus selalu menggunakan permintaan HTTP (http://www.testdomain.com/info.php atau http: //localhost/info.php atau http://127.0.0.1/info .php) daripada nama file (/home/httpd/info.php) agar file dapat diurai dengan benar

Anda akan melihat tabel panjang informasi tentang pesan instalasi PHP baru Anda. Selamat!

instal php di windows dengan apache tutorial php php