Virus Corona (Covid-19)

Dapatkan Informasi terbaru

Mui Jakarta Akan Buat Cyber Army, Pemprov Dki: Untuk Tangkal Hoax

Jackma 23 Nov 2021 1
KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mempersilakan jika MUI DKI Jakarta akan membuat Cyber Army.

Riza menilai, program MUI DKI ini bisa untuk menangkal berita hoax yang bermunculan di media sosial termasuk melindungi ulama dan Gubernur DKI dari serangan cyber.

Riza mengingatkan di era digital saat ini, masyarakat harus berhati-hati jangan sampai menyebarkan hoax.

Baca Juga Pengamat Jelaskan 3 Poin Krusial Terkait Cyber Army Bikinan MUI DKI untuk Bela Anies dan Ulama di https://www.kompas.tv/article/233902/pengamat-jelaskan-3-poin-krusial-terkait-cyber-army-bikinan-mui-dki-untuk-bela-anies-dan-ulama

Sebelumnya, pengamat politik Islam dari The Political Literacy, Muhammad Hanifuddin, menilai keputusan MUI DKI Jakarta membentuk pasukan siber (Cyber Army) untuk membantu Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai keputusan bagus, meskipun agak sedikit terlambat dilakukan.

Hanif menyebutkan tiga poin krusial terkait keputusan MUI DKI tersebut. Ia menilai MUI DKI perlu memberikan penjelasan agar publik tidak kaget sekaligus menilai negatif terhadap pasukan siber ini.

Apalagi, kata dia, tim ini bukan sekadar untuk Anies, tapi juga melindungi ulama.

"Pertama, kesadaran MUI terkait pentingnya MUI memiliki tenaga ahli dan tim siber patut diapresiasi. Ini langkah maju, tapi sangat terlambat," ujarnya kepada KOMPAS TV lewat pesan daring, Sabtu (20/11/2021).

"Kedua, tim cyber ini harus objektif, akurat, berimbang, dan tidak partisan. Informasi dan dakwah MUI harus menjadi pengayom dan penengah dari silang pendapat yang ada di masyarakat," tambahnya.

"Ketiga, tim siber harus menyajikan fakta kelebihan dan kekurangan pemerintah secara berimbang. Hal ini bagian dari amar ma'ruf nahi munkar. Jika pemerintah daerah memiliki prestasi, maka harus diapresiasi dan didukung. Namun jika memiliki kelalaian untuk mewujudkan kemashlahatan umat/masyarakat madani, maka harus dikritik dan diingatkan secara santun," tambahnya.

Artikel ini bisa dilihat di : https://www.kompas.tv/article/233976/mui-jakarta-akan-buat-cyber-army-pemprov-dki-untuk-tangkal-hoax

Tags

anies baswedan cyber army cyber army mui mui dki mui jakarta kompas berita kompas berita kompastv kompas news kompastv kompas tv indonesia news youtube news berita terbaru hari ini viral terbaru breaking news live news berita terkini top news

Latest Videos