Wed Dec 2019 1 year ago

Perlu Tahu 7 Penyebab Stroke Yang Menyerang Usia Muda


Pengertian Stroke ?

Stroke ialah penyakit yang terjadi saat aliran darah ke otak terganggu atau berkurang dampak penyumbatan (stroke iskemik) maupun pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Kondisi ini berdampak pada berkurangnya asupan oksigen dan nutrisi pada otak, sampai-sampai sel-sel otak mati dan tidak bisa berfungsioptimal.


Mengapa Stroke Bisa Terjadi di Usia Muda?

Stroke tergolong penyakit yang rentan terjadi pada orang berusia lanjut. Namun karena hal tertentu, orang berusia muda pun rentan merasakan stroke. Ini hal yang mengakibatkan stroke dapat terjadi di umur muda, yaitu:


1. Anemia Sel Sabit

Anemia Sel Sabit ialah jenis anemia dampak kelainan genetik yang ditandai dengan bentuk sel-sel darah abnormal (seperti bulan sabit), sehingga mengakibatkan pembuluh darah kelemahan pasokan darah sehat dan oksigen guna disebarkan ke semua tubuh. Jika situasi ini terjadi di otak, maka seseorang berisiko lebih banyak untuk merasakan stroke di umur muda.


2. Kelainan Pembuluh Darah Bawaan

Misalnya aneurisma benak dan malformasi arteri. Aneurisma otak ialah pembesaran pembuluh darah pada otak dampak dinding pembuluh darah yang lemah. Sedangkan, malformasi arteri ialah pertumbuhan pembuluh darah arteri dan vena yang abnormal. Kelainan tersebut mengakibatkan terbentuknya gumpalan (stroke iskemik) atau menambah risiko pembuluh darah pecah (stroke hemoragik).


4. Hipertensi

Hipertensi yang tidak diobati dapat mengganggu pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit jantung atau stroke.


5. Infeksi dan Trauma Berat

Misalnya trauma kepala dan gegar otak. Kondisi ini dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan sel-sel darah sehingga menambah pembentukan gumpalan darah yang berujung pada stroke.


6. Kolesterol Tinggi

Tingginya kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam darah dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah otak. Saat plak menyumbat pembuluh darah, bakal terjadi sumbatan atau penyusutan pembuluh darah yang dinamakan aterosklerosis. Jika situasi ini dibiarkan, suplai oksigen dan nutrisi ke benak akan terganggu sehingga menambah risiko stroke.


7. Pengobatan Tertentu

Misalnya terapi hormon, pemakaian steroid, dan pil KB dapat mengganti hormon tubuh, fisiologi pembuluh darah dan faedah pembekuan darah, sehingga menambah risiko stroke.


Bagaimana Mencegah Stroke di Usia Muda?


Salah satu pemicu stroke ialah berat badan berlebihan, baik dalam kelompok overweight atau obesitas. Alasannya sebab kelebihan berat badan dapat memicu kolesterol tinggi, diabetes, dan hipertensi yang menambah risiko stroke di umur muda. Cara supaya kamu terhindar dari risiko stroke di umur muda, sebagai berikut yang dapat dilakukan:


Olahraga tertata paling tidak 20 - 30 menit per hari. Kamu dapat melakukan olahraga yang disukai, laksana jalan kaki, lari, bersepeda, berenang, yoga, dan olahraga lainnya.

  • Diet sehat, yakni mengonsumsi makanan bergizi seimbang, seperti sayur dan buah-buahan.
  • Menghindari rokok, alkohol, dan penyalah gunaan obat-obatan.
  • Rutin mengawasi tekanan darah dan memeriksakan situasi kesehatan ke dokter.


Itulah penyebab stroke di umur muda yang butuh diwaspadai. Kalau anda mengalami tanda dan fenomena di atas, segera konsultasi dengan dokter untuk menggali tahu penyebab dan mendapat penanganan yang tepat.

penyebab stroke