Wed Dec 2019 2 years ago

Penyebab Tidak menstruasi selama 3 bulan


Dok, saya belum menikah dan msih 21 taun, udah 3 bulan ini saya tidak haid, sbelumnya baik" aja, udah minum pelancar haid tapi juga ga ada efek, cuma ada flek coklat ajaa, dan nyeri kecil di bagian perut, gmna itu ya dok? Saya takut, saya tidak berhubungan seks. Apa ada ajuran obat dok?


Jawaban:


Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini? 

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

- Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

- Individu dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

- Individu dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

- Malnutrisi (kurang gizi)

- Stres psikologis (seperti adanya yang sedang dipikirkan akhir-akhir ini, ada masalah, disadari maupun tidak)

- Atlet

- Kekurangan vitamin K

- Penggunaan obat-obatan tertentu

- Kelainan pembekuan darah

- Gangguan hormon tiroid

 

Apakah anda mendapatkan obat pelancar haid dari spesialis kebidanan dan kandungan atau membelinya sendiri? Kami sarankan agar anda dapat mengunjunginya kembali untuk evaluasi ulang menstruasi anda yang belum kunjung datang. Dapat dilakukan USG untuk memastikan tidak ada kelainan dalam rahim, jika betul, kemungkinan memang disebabkan akibat salah satu faktor hormonal saja.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tidak menstruasi selama 3 bulan. Semoga bermanfaat. Salam

tidak haid selama 3 bulan pada remaja tidak haid selama 2 bulan pada remaja penyebab tidak haid selama 8 bulan cara mengatasi telat datang bulan selama 3 bulan penyebab telat datang bulan selama 2 bulan cara mengatasi telat haid 3 bulan 3 bulan tidak haid tapi negatif penyebab menstruasi tidak datang selama 3 bulan