Wed Dec 2019 2 years ago

Penghargaan dari Alumni UGM untuk Menteri Susi dan Basuki


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menerima penghargaan Herman Johannes Award dalam peringatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-72 di Balai Senat Universitas Gadjah Mada, Selasa (20/2/2018).

Menteri Basuki menerima penghargaan Herman Johannes Award untuk bidang infrastruktur, sedangkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerima penghargaan Herman Johannes Award dalam bidang kelautan.

"Ini penganugerahan yang kedua, pertama kali tahun 2003. Sempat vakum 15 tahun dan dihidupkan kembali agar bisa menginspirasi anak bangsa serta memberikan dedikasi yang terbaik bagi bangsa," ujar Ketua Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama) Agus Prijatno, Selasa (20/2/2018).

Herman Johannes merupakan pahlawan nasional yang juga merupakan rektor kedua UGM. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh-tokoh nasional yang berperan dalam pengembangan ilmu dan teknologi di Indonesia.

"Penghargaan ini diprakarsai oleh Bapak Airlangga Hartanto atas karya dan sumbangsih serta pengabdian yang tak kenal lelah yang disumbangkan bagi tanah air. Semoga penghargaan ini mampu menginspirasi generasi zaman now untuk memberikan yang terbaik pada bangsanya," ucapnya.

Menteri Basuki mengaku merasa tersanjung dan terhormat menerima Herman Johannes Award pada tahun 2018.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada UGM," tuturnya.

Alumni Fakultas Teknik UGM ini mengungkapkan penghargaan yang diterimanya menjadi sebuah pengingat akan kepercayaan dan sekaligus harapan almamaternya agar dapat menjalankan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh.

Selain itu dalam menjalankan tanggung jawab juga mengingat mengingat kata-kata di Himne Gadjah Mada, yaitu mengabdi bagi kejayaan Nusantara.

"Ini menjadi pengingat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepada saya dengan lebih baik lagi, untuk menjunjung tinggi kemuliaan almamater saya," tandasnya.

Sementara itu, Menteri Susi mengatakan bahwa penghargaan ini adalah salah satu bukti Indonesia mengapresiasi anak bangsa yang bekerja dengan sungguh-sungguh.

"Ini bukan penghargaan untuk pribadi, tapi untuk anak bangsa. Ini penghargaan untuk Pak Jokowi juga yang dengan segala kontroversi memilih menteri yang hanya sekolah SMA kelas dua," kata Susi.

Selain Menteri Susi dan Menteri Basuki, penghargaan Herman Johannes Award juga diberikan kepada tiga tokoh lainnya, yakni Prof. Ir. Hardjoso Prodjopangarso (alm) untuk bidang teknologi pengairan, Prof. Dr. Soebroto untuk bidang energi, serta Dr. Ir. Hartarto Sastrosoenarto (alm) untuk bidang industri.