andriajah Sun Jun 2022 1 year ago

NodeJS Password Hashing dan Verify Menggunakan Bcrypt

Pada artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda cara hashing kata sandi dan membandingkan string kata sandi dengan hashing string kata sandi bantuan bcrypt. bcrypt library menyediakan Anda dengan membuat kata sandi dalam string hash dan string normal dibandingkan dengan string hashing dalam aplikasi node.js.

Nodejs menyediakan modul kripto untuk melakukan enkripsi dan hashing informasi sensitif seperti kata sandi. Modul node Bcrypt menyediakan cara mudah untuk membuat dan membandingkan hash.

bcrypt modul menyediakan keduanya synchronous dan metode asynchronous untuk bekerja dengan string apa pun membuat hashing dan string normal apa pun dibandingkan dengan format hashsing yang sudah ada. jadi, ini akan banyak membantu dalam pemeriksaan kata sandi aplikasi node.js kami saat ini dengan kata sandi yang sudah disimpan di basis data kami.

 

Contoh

const bcrypt = require('bcrypt');

bcrypt.hash('Your_password', 10, function(err, hash) {
	console.log(hash);
	// output will be
	// $2b$10$wV1ndcFMmu/6Ue4Tuy2OqeSIEQKrjnYMlBCMOG66nBnWk2TUFGDL.
});

bcrypt.compare('Your_password', '$2b$10$wV1ndcFMmu/6Ue4Tuy2OqeSIEQKrjnYMlBCMOG66nBnWk2TUFGDL.', function(err, res) {
	if(res) {
		console.log('Your password mached with database hash password');
	} else {
		console.log('Your password not mached.');
	}
});

 

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, hashing kata sandi dan string kata sandi normal dibandingkan dengan string hashing yang ada, sangat mudah digunakan atau periksa bantuan bcryptperpustakaan.

 

Kami berharap tutorial kecil membantu semua orang.

node js pasword hashing and check verify