Wed Dec 2019 1 year ago

Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami


Menjaga gula darah agar tetap stabil memang bukan urusan yang mudah. Terlebih untuk Anda yang gula darahnya telanjur tinggi sampai terpapar diabetes. Namun sebetulnya, menjaga gula darah normal tersebut tidak hanya harus menjauhi makanan manis atau pantangan lainnya, kok. Lantas, bagaimana teknik menurunkan gula darah yang gampang dan tidak buat stres?


Bagaimana cara menurunkan gula darah tinggi?

1. Rajin mengawasi kadar gula darah

Salah satu kunci terpentingnya ialah cek gula darah kita secara berkala. Tak melulu sekadar mengukur, tapi tidak boleh lupa juga disalin supaya Anda dapat memantau perubahannya masing-masing hari.


Perhatikan pun gejala-gejala diabetes yang barangkali Anda alami seperti mudah haus, mulut terasa kering, dan tidak jarang buang air kecil.


2. Atur pola makan

Gula darah tinggi umumnya diakibatkan oleh jenis makanan kita sehari-hari. Mulai dari makanan yang berisi karbohidrat tinggi, indeks glikemik tinggi, atau tidak cukup serat.


Maka itu, yuk, atur lagi pola santap Anda. Salah satu misalnya dengan mengubah nasi putih dengan kentang rebus yang indeks glikemiknya lebih rendah.


Bisa pun dengan menggandakan asupan serat dari gandum, sayuran, atau buah-buahan. Namun, tidak boleh langsung santap banyak, ya! Gunakan prinsip “makan tidak banyak tapi sering” ketimbang “langsung tidak sedikit dalam sekali makan”.


3. Olahraga rutin

Tidak menyeluruh rasanya bila Anda sudah menata pola santap sebaik mungkin, tapi melalaikan olahraga. Jangan salah, olahraga termasuk teknik menurunkan gula darah yang ampuh, lho!


Olahraga dapat menolong meningkatkan kontraksi otot dan mengolah gula darah menjadi energi. Tetap bergerak aktif pun dapat menambah sensitivitas insulin sehingga menciptakan gula darah kita tetap stabil.


4. Hindari stres

Tak dapat dipungkiri bahwa kadar gula yang tinggi tidak jarang kali buat kita jadi stres dan frustasi. Akan tetapi, perlu disalin bahwa semakin kita stres, gula darah Anda malah makin meningkat, lho!


Tubuh bakal memproduksi tidak sedikit hormon glukagon dan kortisol ketika sedang stres. Nah, hormon-hormon berikut yang mengakibatkan kadar gula darah melonjak drastis.


Cobalah guna pergi jalan-jalan, memperhatikan musik, atau sekadar pelajaran pernapasan guna menghalau stres. Lambat laun, kadar gula darah Anda bakal tetap stabil masing-masing hari.


5. Tidur cukup

Dilansir dari Healthline, tidak cukup tidur ternyata pun dapat mendongkrak gula darah dan meminimalisir sensitivitas insulin. Bukan hanya berisiko merangsang diabetes, urusan ini pun bisa buat Anda cepat gemuk.


Maka itu, hindari kelaziman begadang dan pastikan kita tidur lumayan setiap hari. Dengan tidur paling tidak 7-8 jam masing-masing malam, tubuh Anda bakal terasa lebih bugar dan terhindar dari risiko diabetes.



tips sehat cara menurunkan gula darah tips menurunkan gula darah menurunkan gula darah