Wed Dec 2019 2 years ago

Mengenali Penyebab Nyeri Dada Kiri

Penyebab Nyeri Dada Kiri - saya suka mengalami nyeri dada sebelah kiri, denyutnya cepat, dan kadang terasa sesak. apa penyebabnya ya , dan cara mengatasinya? trimakasih, dok

 

Jawaban:

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah nyeri dada tersebut menetap atau hilang timbul? Kapan nyeri tersebut timbul? Apakah ada gejala lain seperti batuk, nyeri saat menarik napas, sesak napas, atau nyeri ulu hati?

Nyeri dada tidak selalu disebabkan oleh jantung. Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Apakah karakter nyeri Anda seperti ini?

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan obat jantung yang diletakkan dibawah lidah (nitrogliserin sublingual). Bagaimana dengan Anda?

Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Nyeri dada juga dapat timbul karena masalah psikologis

Nyeri dada karena trauma atau benturan, seperti terjadi hematothorax, pneumothorax, atau patahnya tulang dada

Pada Anda, berdasarkan informasi yang Anda sampaikan kemungkinan nyeri dada lebih cocok dengan gejala nyeri dada akibat masalah otot.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

penyebab nyeri dada kiri