Wed Jan 2020 1 year ago

Membuat Koneksi PostgreSql Pada PHP dan Xampp

Membuat Koneksi PostgreSql Pada PHP - PostgreSQL adalah salah satu basis data yang tidak sedikit digunakan ketika ini dan mempunyai sifat opensource. Pada tutorial ini kamu akan belajar bagaimana metodenya membuat koneksi ke database Postgree dengan memakai bahasa pemograman PHP. karna tidak laksana MySQL yang secara default sudah dapat digunakan. guna Postgree ada sejumlah langkah yang mesti kamu lakukan terlebih dahulu yang bakal kita kupas sekarang.

 

Pertama : Mengaktifkan Extension pdo_pgsql

Agar software yang kamu buat dapat terkoneksi dengan database PostgreSQL terlebih dahulu kamu harus menggiatkan extension pdo_pgsql yang secara default tidak aktif. Cara untuk menggiatkan extensi pdo_pgsql paling mudah, silahkan buka xampp control panel dan buka konfigurasi file php.ini dengan teknik seperti ini :

atau bila kamu tidak memakai xampp maka silahkan cari file php.ini secara manual, andai sudah ketemu maka tahapan selanjutnya ialah mencari script yang dipakai untuk menggiatkan extension pdo_pgsql seperti inilah ini :

;extension=pdo_pgsql

Lalu kemudian silahkan hapus semicolon nya agar extension tersebut aktif sehingga menjadi seperti dibawah ini  :

extension=pdo_pgsql

Kemudian silahkan restart apache dari web server kamu untuk menemukan perubahan.

 

Cara Membuat Koneksi PHP Dan PosgreeSQL

Selanjutnya anda akan membuat script guna koneksi PHP dan Postgree, namun sebelum membuat script koneksinya silahkan bikin dulu database nya, dalam tutorial ini saya telah mempersiapkan suatu database baru dengan nama penggajian.

Kemudian tahapan selanjutnya baru membuat script koneksinya, silahkan buat suatu file baru dengan nama koneksi_potsgree.php pada folder htdocs dan tulis script sebagai berikut :

<?php
// konfigurasi koneksi
$host       =  "localhost";
$dbuser     =  "postgres";
$dbpass     =  "password anda";
$port       =  "5432";
$dbname    =  "penggajian";

// script koneksi php postgree
$link = new PDO("pgsql:dbname=$dbname;host=$host", $dbuser, $dbpass); 

if($link)
{
    echo "Koneksi Berhasil";
}else
{
    echo "Gagal melakukan Koneksi";
}
?>

Jika telah silahkan  save untuk menyimpan perubahan, tahapan selanjutnya ialah melakukan testing dengan memakai browser, silahkan akses localhost/koneksi_postgree.php dan jika konfgurasi yang kamu buat telah benar maka seharusnya muncul seperti ini :

 

belajar postgresql koneksi pdo postgresql postgresql php membuat koneksi php xampp postgresql dengan php cara menampilkan data dari database membuat crud dengan php postgresql cara koneksi postgresql dengan xampp tutorial php postgresql