Wed Dec 2019 2 years ago

Membuat Koneksi Database Mysqli dengan PHP


Membuat Koneksi Database Mysqli dengan PHP - Membuat koneksi dengan database mysql adalah pelajaran database yang paling sederhana dari waktu ke waktu databse mengalami perubahan versi yang lebih baik dan optimal dari mysql ke mysqli tentunya ini sedikit berbeda dengan koneksi database mysql sebelumnya. 

 

Kenapa Harus MySQLi ?

MySQLi adalah sebuah ekstesi baru dari mysql yang diklaim lebih aman dan lebih cepat dari mysql tanpa “i” serta lebih stabil di PHP 5 ke atas. Apalagi PHP akan merilis PHP versi ke 7 dan mengabaikan angka 6, sehingga mulai saat sini kita akan biasakan menggunakan MySQLi dengan harapan ketika kita menggunakan PHP 5 keatas kita tidak akan kerepotan dengan issue error deprecated karena mysql sudah tidak lagi disupport oleh PHP 5 ke atas. dan lagi kita akan menggunakan mysqli object, diharapkan kita akan terbiasa ketika menggunakan pemprograman PHP OOP.

 

Untuk memulai membuat sebuah koneksi database dengan Mysqli tetunya kita harus download dan install aplikasi XAMPP versi terbaru. Setelah itu buatlah folder dan file pada folder XAMPP/htdoc contoh disini saya menggunakan folder XAMPP/htdoc/belajarphp/

Setelah kita membuat folder belajarphp kita buka control XAMPP klik start pada Apache dan Mysql. Lalu buka browser anda, saya sarankan menggunakan Chrome lebih stabil ketik url pada browser contoh "localhost/phpmyadmin". Buatlah database disini saya menggunakan nama db_belajar . Setela berhasil membuat database kita buat file dengan nama koneksi.php dan simpa di dalam folder yang tadi dibuat contoh XAMPP/htdoc/belajarphp/koneksi.php. Silahkan copy/paste kode dibawah ini untuk file koneksi.php lalu simpan

 

<?php
$db_host = "localhost";
$db_user = "root";
$db_pass = "";
$db_name = "db_belajar";
 
$koneksi = mysqli_connect($db_host, $db_user, $db_pass, $db_name);
 
if(mysqli_connect_errno()){
    echo 'Gagal melakukan koneksi ke Database : '.mysqli_connect_error();
}else{
    echo 'Koneksi berhasil ^_^';
}
?>

Untuk melakukan test apakah berhasil silahkan buka browser dan ketik localhost/belajarphp/koneksi.php. Mudah bukan oke sedikit saya jelaskan untuk kode di atas $db_host adalah untuk nama host server $db_user untuk nama user pada server root adalah defaultnya, $db_pass untuk password pada server isi password jika menggunakan password kosongkan jika tidak menggunakan password, $db_name adalah nama database yang akan kita koneksikan. Selamat mencoba semoga berhasil.