Wed Dec 2019 2 years ago

Kenali Segera Tanda-tanda Bayi Tidak Sehat

 

Bayi berusia di bawah 6 bulan tidak dapat menunjukkan bahwa ia dalam kondisi tidak sehat. Oleh karena itu, Anda harus lebih peka terhadap kondisi bayi Anda. Siapa tahu ia mungkin menunjukkan gejala penyakit tertentu. Yuk kenali delapan tanda bayi sedang tidak sehat, seperti dilansir Sheknows.

 

1. Demam

Demam bukanlah penyakit, tetapi kondisi tersebut terjadi ketika bayi menanggapi penyakit atau infeksi tertentu. Segera hubungi dokter jika bayi Anda yang masih berusia kurang dari 3 bulan mengalami demam dengan suhu di atas 37 derajat Celcius, atau jika bayi Anda berusia antara 3-6 bulan dan memiliki suhu di atas 38 derajat Celcius.

 

Jika suhu tubuh bayi Anda tidak terlalu panas, tetapi muncul tanda-tanda, seperti ruam, iritabilitas, kesulitan bernapas, leher kaku, muntah atau diare, segera bawa bayi Anda ke dokter.

 

2. Dehidrasi

Dehidrasi dapat terjadi jika bayi Anda memiliki pola makan yang buruk, demam, lingkungan yang panas, muntah atau diare. Gejala dehidrasi pada bayi, antara lain mulut dan gusi kering, jarang buang air kecil, dan tidak meneteskan air mata ketika menangis. Jika Anda berpikir bayi Anda mengalami dehidrasi, segera hubungi dokter.

 

3. Diare

Kondisi ini sering terjadi pada bayi, tetapi Anda tetap perlume meriksakan kondisi bayi Anda ke dokter, jika ada darah dalam tinja, buang air besar lebih dari enam kali sehari dan tinja berair.

 

 

4. Muntah

Muntah pada bayi mungkin tidak serius jika terjadi hanya sekali atau dua kali. Namun, jika hal itu sering terjadi berulang kali, terutama mengandung darah, serta berwarna hijau, segera konsultasikan dengan dokter.

 

5. Kesulitan bernapas

Jika bayi Anda mengalami kesulitan bernapas, sebaiknya segera hubungi dokter. Tanda-tanda sesak napas adalah bayi bernapas lebih cepat dari biasanya, bayi tampak seperti mendengus saat menghembuskan napas dan kulit berwarna bayi bibir atau semburat kebiruan.

 

6. Pusar dan penis berwarna merah atau berdarah

Jika pusar atau penis berubah merah, telah terjadi pendarahan dan bayi Anda perlu mendapatkan penanganan medis. Ini adalah tanda infeksi.

 

7. Ruam

Ruam adalah gejala yang sangat umum pada bayi, namun segera hubungi dokter jika ruam telah menyebar luas, terutama pada wajah, atau disertai demam, perdarahan, dan bengkak.

 

8. Pilek

Infeksi saluran pernapasan biasanya disebabkan oleh virus dan sangat umum pada bayi. Kondisi ini umumnya berlangsung satu hingga dua minggu yang ditandai dengan demam, pilek dan batuk. Gejala yang lebih serius tentu memerlukan perawatan di rumah sakit.

 

Jika bayi Anda mengalami salah satu dari gejala di atas, segera bawa berobat ke dokter. Anda tentu tidak mau bayi Anda mendapatkan penanganan yang terlambat, bukan?