Wed Dec 2019 2 years ago

Inia Dia 10 Makanan Penambah Darah

Darah merupakan komponen penting dalam tubuh kita, karena darah akan mengantarkan nutrisi ke sel-sel. Akibat seseorang yang kurang darah maka sel-sel akan kekurangan nutrisi , istilah kurang darah biasanya sering disebut dengan anemia. Penyebab anemiabermacam-macam bisa karena keurangan zat gizi pembentuk darah seperti zat besi dan vitamin B12 ataupun kondisi ginjal seseorang terganggu . 

anemia

Fungsi Ginjal selain mersekresi, menyaring serta merabsorsi ginjal juga berfungsi untuk menghasilkan eritropoitin dimana eritopoitin tersebut berguna untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Biasanya orang dengan anemia memiliki gejala seperti lemah, letih dan lesu. Berikut adalah daftar makanan sehat  yang bisa menambah darah anda :


1. Buah-Buahan 
Buah-buahan yang bisa menambah darah di antaranya adalah sebagai berikut kismis dan anggur, apel, melon, jeruk dan limau, bit hijau,Buah prune, plum, dll.

2. Daging
Daging merupakan yang kaya akan protein selain itu daging juga mengandung zat besi, dalam 100 gram daging sapi mengandung 2,8 mg

3. Gandum
Roti Gandum mengandung zat besi yang besar, selain memiliki fungsi mencegah penyakit jantung dan kanker.

 

4. Ikan
Salah satu ikan yang mengandung zat besi adalah Ikan baronang . Selain itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram. Ikan salmon merupakan sumber utama protein dan asam lemak omega 3. Dan jangan lupa satu lagi yaitu ikan tuna.

 

5. Jagung
Jagung kaya akan zat besi dan tembaga. Jagung juga menjadi sumber yang baik untuk vitamin A dan C.

6. Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang yang bisa menambah darah adalah kacang tanah, kacang hijau kacang kedelai, kacang lentil serta kacang almond.

7. Kismis
Kismis mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kismis juga merupakan makanan yang bersifat basa dan dapat membantu mengatasi kondisi asam tubuh

8. Kuning telur 
Cara mengatasi anemia dengan mengomsumsi telur Anda dapat merebus 1 kuning telur ayam kampung bersama 60 gram daun bawang merah dan campurkan air secukupnya setelah itu, kemudian dimakan atau dikonsumsi secara teratur 2 kali sehari secara teratur.

9.Sayur- Sayuran
Ubi merupakan konsumsi makanan yang disarankan karena ubi adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Selain itu beberapa sayuran lainnya yang direkomendasikan adalah : bunga kol dan brokoli, sawi, bayam, kangkung, daun katuk, kacang merah, kentang, lobak, dll.

10. Sereal
Makanan yang sering disajikan untuk menu sarapan ini sangat baik untuk kesehatan. ¾ cangkir sereal mengandung 18 mg zat besi. Sedangkan 100 gram oatmeal instan mengandung 11 mg zat besi.

Kondisi kurang darah selain faktor nutrisi juga karena terganggunya kesehatan ginjal ,jadi untuk merawat ginjal anda maka makanlah makanan yang bisa mencegah masalah ginjal , selain itu ada cara praktis untuk mecegah kerusakan ginjal yaitu dengan minum air putih. Semoga postingan saya di atas mengenai 10 makanan sehat untuk menambah darah bisa bermanfaat buat anda.