Wed Dec 2019 2 years ago

Ini Dia Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Alami

Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Alami - Pilek pada bayi tentunya bukan karena sebab, kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab pilek pada bayi baru lahir tentunya tidak jauh dari penyebab pilek pada orang dewasa. Jenis virus yang masuk pada tubuh yang menyebabkan pilek dapat melalui perantara udara ketika batuk ataupun bersin atau juga melalui sentuhan tangan antara penderita pilek dengan calon penderita.

 

Pilek dapat dikatakan penyakit yang cukup biasa menyerang orang-orang. Pada umumnya, pilek mengganggu sistem kekebalan tubuh pada masing-masing individu sehingga virus akan mudah berperan aktif di dalam tubuh. Gejala pilek pada bayi tentunya dapat ditandai dengan adanya ingus dan juga hidung yang tersumbat.

 

Pada awalnya, ingus pada bayi berwarna bening dan juga jernih, lalu akan berubah menjadi lebih kuning dan juga hijau. Hidung yang tersumbat pada bayi diakibatkan oleh lubang hidung pada bayi yang masih sangat kecil sehingga mereka akan bernafas melalui mulut. Dengan begitu, bayi Anda akan terlihat sesak karena bernafas melalui mulut. Pilek pada bayi sering ditandai dengan adanya demam, waktu tidur yang terganggu, mata merah, menyusui menurun, bersih, batuk, dan juga suhu tubuh yang cukup tinggi pada bayi sekitar < 38o C.

 

Beberapa faktor lain yang menyebabkan seorang bayi terkena pilek, diantaranya:

 

  1. Terpapar asap rokok
  2. Paparan dari orang dewasa yang memang sedang sakit pilek bisa orangtuanya sendiri atau orang di sekitarnya.
  3. Tidak mendapatkan ASI yang eksklusif tentunya hal ini menyebabkan bayi rentan terkena bersin-bersin dan juga pilek.


Tentunya, Anda dapat dengan mudah mengenali penyebab dan juga faktor yang memang menyebabkan sakit pilek pada bayi.

 

Gejala Sakit Pilek Pada Bayi

 


 

Setelah kita mengetahui penyebab sakit pilek pada bayi tentunya kita akan beranjak pada beberapa gejala pilek yang rentan dialami oleh bayi, diantaranya:

 

  1. Bersin yang terus menerus
  2. Batuk yang terus menerus terutama ketika bayi berumur di bawah 28 hari
  3. Suhu tubuh kurang dari 38oC
  4. Terdengar bunyi seperti mengi ketika bayi bernafas
  5. Bayi terihat kesulitan untuk bernafas
  6. Bayi jarang bernapas atau menghirup nafas yang sangat dangkal
  7. Napas begitu cepat normalnya sekitar 30-60 kali dalam semenit
  8. Saat bayi bernapas tentunya kulit pada sekitar iga tertarik ke dalam
  9. Bayi akan lebih rewel dari biasanya
  10. Kulit bayi akan berubah warna dan kulit akan lebih pucat pada bagian mulut dan juga bawah kuku
  11. Bayi akan merintih kesakitan
  12. Bayi jarang bisa ditenangkan ketika rewel dan juga menangis
  13. Bayi sangat sulit untuk dibangunkan dan muka bayi akan tampak lebih lesu
  14. Bayi sepertinya sangat malas untuk bergerak dan juga menetek pada ibunya
  15. Kulit pada bayi akan terlihat kemerah-merahan
  16. Bayi akan sering muntah
  17. Leher bayi akan terlihat kaku
  18. Batuk sangat hebat sehingga menyebabkan bayi menjadi muntah
  19. Akan terlihat nanah di tenggorokan
  20. Bayi batuk ketika diberikan makan atau susu
  21. Popok bayi tidak penuh atau basah dalam kurun waktu 8 jam.

 

Gejala-gejala tersebut tentunya dialami oleh bayi yang mengalami sakit pilek. Anda seyogianya harus mewaspadai jika gejala-gejala pada di atas ada pada bayi Anda. Hal yang wajib Anda lakukan ialah dengan mencari cara mengatasi pilek pada bayi. Karena jika bayi mengalami pilek di bawah umur 3 bulan akan sangat rentan terkena komplikasi yang lebih serius seperti radang paru-paru, sesak napas dan juga infeksi telinga.

 

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

 

Setelah kita mengetahui penyebab dan juga gejala sakit pilek pada bayi, saatnya sekarang kita mengetahui cara mengatasi pilek pada bayi. Tentunya, Anda tidak ingin melihat bayi Anda menderita sakit pilek yang berkepanjangan karena akan membuat bayi Anda lebih parah. Ada beberapa cara mengatasi pilek pada bayi secara alami, diantaranya:

 

1. Menghirup uap alami


Cara mengatasi pilek pada bayi yang pertama ialah dengan menghirup uap alami berupa air panas. Anda dapat menuangkan air panas pada sebuah wadah. Kemudian dekatkan uap panas tersebut pada bayi, namun jangan terlalu dekat karena akan membuat bayi Anda kepanasan. Biarkan bayi Anda menghirup uap panas tersebut. Pasalnya, uap panas dipercaya dapat membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat sehingga ingus yang menghambat pernapasan akan keluar secara perlahan. Ingus yang mampet inilah yang tentunya menghambat pernapasan pada bayi.

 

2. Memijat hidung bayi


Cara mengatasi pilek pada bayi yang kedua ialha dengan melakukan pemijatan pada hidung bayi. Berikan pijatan lembut pada bayi mulai dari hidung, alis dan sekitarnya. Memberikan pijatan lembut pada hidung bayi tentunya dapat mencairkan ingus yang mampet sehingga hidung akan terasa lebih lega. Pijatan lembut yang dilakukan oleh orangtua tentunya dapat membantu mengeluarkan lendir yang ada dan mengganggu hidung Anda.



3. Menghangatkan tubuh bayi


Tubuh bayi yang dingin tentunya sangat berpotensi membuat bayi terserang penyakit pilek. Untuk itu, demi menghindarkan bayi Anda dari penyaki pilek. Hal yang perlu Anda lakukan ialah dengan memberikan kehangatan pada bayi. Kehangatan tersebut tentunya dapat membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Tubuh yang senantiasa hangat tentunya dapat menjaga bayi dari terserang penyakit pilek. Selain itu, Anda dapat memandikan bayi dengan menggunakan air hangat, lalu menjemurnya agar tubuh bayi terkena sinar matahari alami.

 

4. Mengatur posisi tidur bayi


Cara mengatasi pilek pada bayi yang selanjutnya ialah dengan mengatur posisi tidur bayi. Posisi tidur yang miring tentunya dapat membuat bayi lebih mudah dan juga bebas untuk bernapas. Untuk itu, Anda dapat memiringkan tubuh bayi ke arah kiri ketika hidung kanan tersumbat atau sebaliknya. Posisi tidur yang terlentang tentunya dapat membuat kondisi bayi bertambah parah.

 

5. Istirahatkan bayi


Ketika bayi mengalami pilek, tentunya Anda harus membuat jadwal istirahat bayi lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Bayi yang beristirahat lebih banyak tentunya dapat mempercepat penyembuhan pilek pada bayi. Berikan bayi Anda istirahat yang cukup baik siang maupun malam hari.

 

Selain dari cara mengatasi pilek pada bayi secara alami, tentunya Anda dapat memberikan beberapa obat alami yang tentu sangat aman untuk bayi Anda. Cara mengatasi pilek pada bayi dengan cara alami, Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini:

 

1. Berikan larutan garam


Obat pertama yang dipercaya mampu mmebuat bayi lebih baik dari penyakit pilek yang dideritanya ialah dengan memberikan larutan air garam. Larutan ini tentunya dapat mempercepat gejala pilek menjadi lebih cepat. Anda dapat memberikan dua tetes garam dengan menggunakan pipet tetes kepada hidung bayi setidaknya tiga kali dalam sehari. Tetesan garam tersebut tentunya dapat mencairkan ingus bayi dan juga dapat melegakan hidung bayi yang tersumbat. Anda dapat melarutkan garam sekitar setengah sendok makan garam dengan segelas air hangat. Lakukan tips dan juga cara ini dengan tepat dan juga tetap berhati-hati.

 

2. Bawang merah dan juga minyak telon


Bawang merah tentunya dipercaya dapat menghilangkan dan juga menyembuhkan masuk angin dan juga demam pada bayi. Anda dapat mencampurkan bawang merah dan juga minyak telon bayi pada dada, punggung dan juga perut bayi. Berikan bawang merah dan juga minyak telon bayi tersebut dengan melakukan pijatan-pijatan lembut agar memberikan kehangatan pada tubuh bayi.

 

3. Berikan jeruk nipis dan juga madu


Selain cara di atas tentunya Anda dapat memberikan bayi dengan meminum air hangat dicampur dengan madu dan juga jeruk nipis. Campuran tersebut tentunya dapat membantu melegakan pernapasan pada bayi. campuran jeruk nipis dan juga madu tentunya dapat lebih melegakan pernapasan pada hidung yang tersumbat pada bayi.

 

Pencegahan Pilek Pada Bayi


Tentunya, Anda tidak ingin pilek menyerang bayi Anda terus menerus. Untuk itu, Anda harus melakukan cara dan juga alternatif sebagai pencegahan pada bayi. Pilek pada bayi tentunya tidak akan bertambah berat dan juga tidak akan terulang jika kita melakukan cara-cara pencegahan sebagai berikut:

 

1. Berikan ASI


Penyakit pilek pada bayi tentunya dapat menyerang sistem imun pada tubuh bayi. Jika sistem imun pada tubuh bayi lemah, tentunya virus yang menyebabkan pilek akan sangat mudah menyerang tubuh manusia. Untuk itu, Anda dapat melakukan pencegahan pada bayi dengan memberikannya ASI eksklusif hingga 6 bulan. ASI eksklusif inilah yang menjadi sebuah benteng untuk mencegah virus pilek masuk ke dalam tubuh Anda. Kondisi inilah yang dapat memberikan kemampuan pada tubuh bayi untuk menolak virus pilek masuk pada tubuh bayi.

 

2. Orangtua tetap hidup sehat


Ketika orangtua menderita sakit pilek atau sedang sakit apapun, tentunya kita sebagai oarngtua harus mencegah supaya virus yang ada di dalam kita tidak masuk ke dalam tubuh bayi. Untuk itu, Anda harus memakai masker ketika menyentuh dan juga memberikan ASI pada bayi. Hal ini dikarenakan penyakit pada orang dewasa sangat mudah terpapar pada tubuh bayi.

 

3. Bersihkan lingkungan


Lingkungan yang tidak bersih tentunya dapat membuat kondisi bayi menjadi lebih buruk lagi bagi kesehatan bayi. Anda tentunya dapat membersihkan lingkungan di rumah dan juga lingkungan tempat bayi bermain agar dapat terhindar dari virus. Tentunya, Anda harus seulet mungkin untuk membersihkan mainan secara rutin seperti boneka, robot dan juga mainan lainnya.

 

4. Selalu mencuci tangan


Ketika Anda hendak menyentuh atau menggendong bayi, tentunya hal yang harus Anda lakukan ilah dengan selalu mencuci tangan Anda terlebih dahulu. Mencuci tangan tentunya dapat menghindarkan diri dari beberapa penyakit yang kemungkinan akan menyerang tubuh kita. Anda harus mencuci tangan untuk mencegah penyakit pilek pada bayi sebelum menyuapi bayi, setelah Anda batuk atau bersin dan juga setelah menggendong atau memegang bayi.

 

5. Pastikan benda bayi bersih


Benda bayi di sini tentunya berhubungan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan mulut bayi. Benda-benda di sini diantaranya dot, dan mainan gigitan pada bayi. Untuk itu, sebelum memasukkan dot pada mulut bayi, alangkah baiknya jika Anda membersihkannya terlebih dahulu agar benda tersebut dapat terhindar dari kuman dan juga bakteri yang menempel pada dot tersebut. Pasalnya, bayi yang masih merangkak sangat rentan memungut benda asing dan juga memasukan ke dalam mulutnya.

 

6. Jauhkan bayi


Anda tentunya dapat menjauhkan bayi dari orang yang sedang sakit atau bahkan yang sedang terkena pilek. Hal ini dikarenakan orang yang sedang sakit sangat mudah menularkan virus terutama pada bayi. Tubuh bayi yang masih lemah tentu sangat rentan terkena virus dari orang dewasa yang sedang sakit. Jangan biarkan orang yang sedang sakit memberikan makanan dan juga bersentuhan dengan bayi secara langsung.

 

7. Usahakan untuk tutup mulut saat batuk


Tidak dapat dipungkiri bahwa Anda sebagai orangtuanya akan terkena batuk. Ketika sedang batuk tentunya Anda harus menutup mulut Anda agar virus batuk tidak langsung masuk ke dalam tubuh bayi melalui udara. Pilek dapat disebut sebagai penyakit yang mudah sekali menular, tidak terkecuali pada bayi. Maka dari itu, menutup mulut Anda sedang batuk dapat menghindarkan diri dari virus batuk.

 

Melakukan pengobatan dan juga pencegahan pada bayi agar tidak terserang pilek memang sangt dianjurkan bagi Anda. Bagaimanapun juga, penyakit pilek memang sangat rentan menyerang baik kepada orang dewasa maupun kepada anak-anak. Mengobati pilek dengan cara yang alami tentunya  dapat membuat bayi Anda lebih aman dan juga sehat. Demikianlah beberapa cara mengatasi pilek pada bayi yang wajib Anda lakukan sekarang juga. Pastikan untuk selalu mencegah beberapa kemungkinan penyebab pilek pada bayi semaksimal mungkin. Semoga bermanfaat!

cara mengatasi pilek pada bayi umur 1 bulan obat pilek untuk bayi 11 bulan obat batuk pilek untuk bayi 3 bulan cara mengobati batuk pilek pada bayi 2 bulan obat pilek bayi 10 bulan obat pilek untuk bayi 1 bulan obat pilek bayi 7 bulan obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan obat pilek tradisional untuk bayi ini dia cara mengatasi pilek pada bayi secara alami penyakit penyakit bati bayi