Wed Dec 2019 2 years ago

Daftar Obat Sakit Gigi Paling Ampuh 2019

Setiap orang tentu pernah minimal sekali dalam hidupnya merasakan sakit gigi. Kondisi ini seringkali akan mengakibatkan sakit kepala, gusi nyut-nyutan, sampai makan juga jadi terasa menyiksa. Jika kita sedang sakit gigi, usahakan segera kunjungi dokter. Namun sedangkan itu, ada sejumlah cara mengobati sakit gigi yang dapat Anda kerjakan sebagai bantuan kesatu sebelum pergi ke dokter. Apa saja? Simak sekian banyak pilihan obat sakit gigi sangat ampuh dalam tulisan ini.

Penyebab sakit gigi

Di samping gigi berlubang, sakit di gigi juga dapat disebabkan oleh tidak sedikit hal. Berikut ini sejumlah penyebab sakit di gigi sangat umum yang mesti kita ketahui:

1. Gigi sensitif
Memiliki gigi sensitif dapat jadi penyebab kita sering merasakan sakit di gigi. Biasanya, orang yang mempunyai gigi sensitif akan menikmati nyeri tajam masing-masing kali santap atau minum sesuatu yang panas atau dingin. Gigi sensitif dapat diakibatkan karena resesi gusi (garis gusi surut sampai mengakibatkan permukaan akar gigi menjadi terbuka) atau penipisan enamel gigi. Di samping itu, perawatan gigi seperti pelantikan gigi busuk, pemasangan kawat gigi atau gigi palsu, pun dapat mengakibatkan gigi kita menjadi sensitif.

2. Sedang tumbuh gigi bungsu
Dalam tidak sedikit kasus, gigi bungsu yang sedang tumbuh seringkali akan menciptakan gigi kita sakit. Gigi bungsu tidak jarang tumbuh dalam posisi yang tidak diharapkan atau berhimpitan di lokasi yang terlampau ramai, sampai-sampai dapat mengakibatkan nyeri berdenyut yang diiringi dengan serangan sakit tajam tiba-tiba.

3. Penyakit gusi
Orang yang mempunyai penyakit gusi paling rentan merasakan sakit gigi. Penyakit gusi terjadi sebab adalnya penumpukan plak gigi di dekat gusi. Hal ini menciptakan gusi kita meradang. Peradangan yang diakibatkan bakteri dalam plak dapat terasa menyakitkan sebab mengakibatkan gusi kita membengkak, merah, dan berdarah. Jika situasi ini terus berlanjut, kita akan merasakan gingivitis.

Ketika telah terkena gingivitis, kita berisiko merasakan penyakit gusi yang lebih serius dan akan menambah peluang Anda merasakan sakit di gigi berulang kali.

4. Karies gigi
Karies gigi, alias gigi busuk, ialah penyebab beda Anda sering merasakan nyeri di gigi. Rongga kecil pada lapisan terluar gigi (enamel) seringkali tidak memunculkan rasa sakit, namun begitu pembusukan menebus melewati email gigi dan memengaruhi lapisa unsur dalam gigi (dentin), gigi bakal menjadi paling sensitif. Jika dibiarkan, situasi ini lantas mengarah pada pembentukan lubang gigi.

Dalam karies gigi stadium lanjut, pembusukan dilangsungkan lebih dalam lagi, sampai ke lapisan terdalam gigi (pulp), yang menyebabkan rasa sakit intens yang tajam. Infeksi dari pembusukan gigi ini dapat mengakibatkan kematian gigi dan mengakibatkan abses (penggumpalan nanah) di bawah akar gigi. Infeksi ini bisa menyebar dan menyebabkan kehancuran gigi yang lebih parah serta penyakit gusi.

5. Kebiasaan menggeretakkan gigi
Anda punya kelaziman menggeretakkan gigi ketika tidur? Mulai sekarang, ubalah kelaziman buruk ini. Pasalnya, kelaziman menggeretakkan gigi bisa menyebabkan kehancuran saraf, yang pada akhirnya mengakibatkan keluhan sakit di gigi Anda.

Kebanyakan orang dapat tidak menyadari mereka melakukan kelaziman ini, terutama dilaksanakan saat tidur. Di samping itu, stres emosional dan ketegangan ialah penyebab utama kelaziman menggeretakkan gigi. Jika gigi kita menjadi lebih sensitif belakangan ini, jadi lebih kuning atau permukaannya datar, atau kita bangun dengan rasa sakit tumpul di belakang kepala atau rahang, Anda barangkali menggeretakkan gigi dalam istirahat Anda.

6. Gigi patah/retak
Kadang, kita mungkin merasakan sakit di gigi tetapi akar penyebabnya tidak jelas diketahui. Bahkan, sakit di gigi tidak berasal dari gigi yang bolong atau penyakit gusi tertentu. Sakit di gigi tanpa dalil jelas yang memunculkan rasa sakit tumpul bisa menandakan gigi kita retak atau patah, yang barangkali terlalu kecil guna dapat disaksikan oleh mata telanjang.

Keretakan gigi barangkali terjadi sebab kebiasaan mengunyah yang buruk, menggeretakkan gigi, cedera gigi, melemahnya gigi sebab tambalan besar, dan sebagainya. Ketika retakannya parah, saraf yang barangkali terkena dapat menimbukan rasa ngilu yang menyakitkan. Retakan gigi bisa menjadi pilihan tempat bakteri berkumpul sehingga membuat infeksi yang menyebabkan kehancuran dan masalah gigi lebih lanjut.

7. Tambalan gigi lepas
Ketika tambalan gigi kita longgar atau berada dekat lokasi pembusukan gigi baru, tambalan bisa patah, lepas, atau menjad aus. Anda barangkali akan merasakan rasa sakit tajam yang timbul-tenggelam ketika menggigit lokasi tersebut. Anda pun mungkin mengejar bahwa lokasi gigi yang sakit itu menjadi paling sensitif.

8. Penyebab lainya
Jika kita baru-baru ini merasakan cedera pada persendian penyambung rahang dan tengkorak kepala (persendian temporomandibular), Anda barangkali dapat menikmati rasa sakit di dekat gigi. Trauma rahang ini juga dapat disebabkan oleh kelaziman menggeretakkan gigi, arthritis, atau kanker mulut yang memengaruhi rahang.

Salah satu penyebab sakit gigi yang tidak cukup umum, namun pun sama pentingnya untuk ialah sinusitis. Gigi belakang unsur atas kita berbagi saraf yang sama dengan rongga sinus. Akibatnya, rasa sakit yang muncul mungkin dapat diakibatkan oleh gigi, atau sebaliknya. Sakit gigi dampak sinus ini seringkali disertai/didahului oleh hidung yang tersumbat, dan nyeri di dekat rongga hidung.

Jika Anda mengasumsikan salah satu dari dalil di atas ialah penyebab sakit gigi Anda, kunjungi dokter guna diagnosis dan perawatan yang lebih akurat.

Berbagai teknik yang dapat dilakukan sebagai obat sakit gigi sangat ampuh

Jika Anda merasakan sakit gigi dampak gigi berlubang, penyelesaian terbaik ialah segera berobat pada dokter gigi Anda. Akan namun ada sejumlah cara mengobati sakit gigi simpel yang dapat Anda kerjakan sebagai bantuan kesatu sebelum pergi ke dokter. Berikut obat sakit gigi alami yang mesti kita ketahui.

1. Kumur air garam
Umumnya dokter gigi tidak dapat melakukan penyembuhan apapun ketika gigi kita masih bermasalah. Satu-satunya yang dapat Anda kerjakan saat ini ialah menggunakan obat sakit gigi hingga akhirnya gigi Anda dapat ditindak oleh dokter. Nah, jajaki kumur dengan air garam hingga Anda merasa nyeri sudah tidak banyak membaik. Kumur air garam merupakan teknik mengobati sakit gigi yang patut Anda jajaki di rumah. Bahkan, sejumlah orang memandang andai air garam ialah obat sakit gigi sangat ampuh guna meredakan nyeri.

Sebagai obat sakit gigi berlubang, Anda dapat melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air (240 ml), dan kumur selama sejumlah saat. Sebelum berkumur, kita juga dapat lakukan flossing untuk menerbitkan sisa makanan yang mengganjal di dekat area gigi yang sakit.

2. Kunyah bawang merah mentah
Bawang merah adalahobat sakit gigi alami. Pasalnya, bawang merah mempunyai sifat antiseptik dan antimikrobial yang dapat mengendalikan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah ialah dengan mengunyahnya. Ya, kunyahlah bawang merah mentah selama sejumlah menit di sisi mulut dengan gigi yang nyut-nyutan. Jika kita tidak dapat mengunyah bawang merah, letakkan irisan bawang merah mentah langsung di gigi yang sakit.

Di samping bawang merah mentah, kita juga dapat menjadikan bawang putih sebagai opsi obat sakit gigi berlubang lainnya. Saat tercabik oleh gigi, bawang putih akan mencungkil allicin, substansi berminyak alami yang bermanfaat sebagai pelawan penyakit. Hal ini dapat meminimalisir rasa ngilu di gigi Anda.

3. Kompres es batu
Cara mengobati sakit gigi dengan es batu dapat dilaksanakan dengan teknik memasukkan es batu dalam plastik kecil, kemudian bungkus dengan kain tipis, dan tempelkan langsung pada gigi yang ngilu sekitar 15 menit guna mengebaskan saraf gigi. Atau, Anda dapat tempelkan kompres es di pipi Anda, di wilayah gigi yang sakit sebagai teknik menghilangkan sakit gigi.

Ada satu trik unik lain yang dapat Anda jajaki jika hendak menggunakan es batu sebagai obat sakit gigi berlubang. Pijat punggung tangan kita dengan kompres es batu. Saraf di jari-jari kita akan mengantarkan sinyal “dingin” yang barangkali akan menimpa sinyal rasa sakit dari gigi Anda.

(Catatan: pijat tangan di sisi yang sama dengan gigi yang ngilu, dan berikan desakan di lokasi antara ibu jari dan telunjuk.)

4. Cuka
Cara mengobati sakit gigi lainnya ialah dengan memakai cuka dapur atau cuka apel. Pasalnya kedua jenis cuka ini berisi properti antibakteri dan antimikrobial yang ampuh guna meredakan sakit gigi.

Jika hendak menggunakan cuka sebagai obat sakit gigi berlubang, Anda dapat berkumur-kumur tahan larutan cuka di wilayah gigi yang sakit selama tidak cukup lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang. Apabila kita tidak powerful dengan rasa masam dari cuka, Anda dapat teteskan cuka pada suatu kapas dan tempelkan kapas itu pada gigi yang sakit. Setelah itu, sikat gigi laksana biasa dengan pasta gigi eksklusif gigi sensitif.

5. Minyak cengkeh
Minyak cengkeh ialah obat tradisional yang telah lama dipakai sebagai obat sakit gigi sangat ampuh lainnya. Minyak ini disinyalir dapat membantu “mematikan saraf” sebab senyawa kimia utama yang terdapat dalam rempah ini ialah eugenol, yang berperan sebagai anestesi alami.

Tapi, berhati-hati dalam memakai minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakit bakal semakin parah andai minyak itu menetes ke lidah atau gusi kita yang sensitif.

Jadi, simaklah baik-baik teknik mengobati sakit gigi dengan minyak cengkeh inilah ini. Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan di gigi yang bermasalah hingga rasa sakit mereda. kita juga dapat gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tempelkan di gigi yang sakit sebagai pilihan pilihan untuk obat sakit gigi berlubang.

6. Daun jambu
Daun jambu merah dapat meringankan rasa ngilu di gigi sebab sifat anti-radang, analgesik, dan antimikrobial yang terdapat di dalamnya. Cara mengobati sakit gigi satu ini ialah dengan mengunyah satu-dua eksemplar daun jambu hingga ekstraknya keluar. Setelah tersebut dengan lidah kita raih gigi yang sakit dan oleskan ekstrak daun jambu tersebut.

Jika teknik mengobati sakit gigi itu dirasa sulit, Anda dapat merebus empat hingga lima eksemplar daun jambu sebagai opsi lain. Diamkan larutan itu selama sejumlah saat sampai dingin dan tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun jambu itu sebagai obat kumur.

Cara mengobati sakit gigi dengan obat-obatan di apotek

Di samping obat sakit gigi alami, terdapat pula sejumlah obat-obatan di apotek yang bisa Anda pakai untuk menanggulangi sakit gigi yang kita rasakan. Meski tidak sedikit obat sakit gigi yang dipasarkan bebas di warung dan apotek, Anda disarankan tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum memakai obat sakit gigi apapun, untuk menangkal hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut sejumlah obat sakit gigi sangat ampuh yang dapat Anda temukan di apotek atau toko obat terdekat:

1. Acetaminophen
Dalam tidak sedikit kasus, obat-obatan kelompok NSAID dapat menolong Anda meredakan rasa sakit di gigi. Salah satu obat pereda nyeri kelompok NSAID yang umum digunakan ialah acetaminophen. atau yang pun dikenal dengan nama paracetamol.

Acetaminophen tidak melulu jadi obat sakit gigi sangat ampuh, namun pun dapat dipakai untuk meredakan sakit kepala, nyeri otot, nyeri punggung, demam, dan flu. Namun, bilamana Anda merasakan masalah serius pada hati dan alergi, maka kita tidak disarankan untuk minum obat sakit gigi jenis ini. Sebelum memakai acetaminopen sebagai obat sakit gigi berlubang, pastikan kita membaca teknik pemakaiannya terlebih dulu pada label kemasan.

2. Ibuprofen
Sama laksana acetaminophen, ibuprofen pun berperan sebagai obat sakit gigi sangat ampuh yang pun tersedia dalam format tablet, kaplet, dan sirup. Namun hati-hati sebelum memakai ibuprofen sebagai obat sakit gigi berlubang. Pasalnya, pemakaian obat ibuprofen melebihi batas takaran yang sudah ditentukan, tidak terbukti lebih efektif guna menghilangkan rasa sakit. Jadi, pastikan kita selalu menyimak petunjuk pemakaian obat beserta takaran yang disarankan sebelum mengonsumsi obat ini.

Jika rasa sakit telah menghilang, usahakan berhenti untuk menggunakan obat ini. Hindari minum ibuprofen dalam suasana perut yang kosong sebab akan menciptakan lambung menjadi luka.

3. Naproxen
Naproxen ialah obat penghilang rasa sakit yang pun sering dipakai untuk menanggulangi sakit gigi. Obat sakit gigi sangat ampuh ini terdapat dalam format tablet dalam takaran 220 mg. Contoh brand obat naproxen ialah Xenifar.

Sayangnya, Anda mesti memperhatikan sekali efek samping dari obat sakit gigi berlubang ini. Beberapa efek samping umum yang tidak jarang kali terjadi andai meminum obat ini ialah sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur. Apabila Anda hendak melakukan operasi, tergolong operasi gigi, usahakan mengumumkan bahwa Anda memakai naproxen.

obat sakit gigi paling ampuh sedunia obat sakit gigi alami cepat sembuh obat sakit gigi di warung obat sakit gigi gusi bengkak obat sakit gigi berlubang dan ngilu obat sakit gigi paling ampuh obat sakit gigi anak obat sakit gigi di apotik obat sakit gigi