Wed Dec 2019 2 years ago

cara mengatasi keputihan bercampur darah

Dok saya wanita umur 21th saya belum menikah 3 bulan terahir saya mengalami gangguan menstruasi Siklusnya normal sih dok tiap bulan majunya cuma3 hari Tapi setelah suci saya sering keputihan bercampur darah kadang darahnya merah kadang darahnya coklat seperti skrg saya keputihan lagi dan warnanya coklat tua dok Keputihan bercampur darahnya biasa terjadi sebelum hari ke 14 atau setelah hari ke 14 Baunya agak amis juga Saya punya riwayat sih dok dulu saat sma kalo kecapean emang keputihan bercpur flek coklat tapi ini udah 3bln berturut2 dan warnanya bukan lagi coklat dok Saya ingin periksa tapi takut kalo diperiksa dengan masukin alat dok krn saya belum menikah.

 

Jawaban:

Terima kasih telah menanyakan tentang keputihan bercampur darah melalui fitur Tanya Dokter.

Keputihan bercampur darah juga termasuk dalam keputihan yang abnormal, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari iritasi atau mikrolesi (luka kecil) akibat trauma (garukan, gesekan,dll), infeksi, hingga gejala keganasan pada leher rahim atau rahim itu sendiri.

Untuk memastikannya perlu dilakukan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik dan reproduksi secara langsung, dan pemeriksaan penunjang terhadap cairan yang keluar lewat vagina. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri langsung kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan terdekat. Anda tidak perlu khawatir mengenai pemeriksaan yang dilakukan. Pada wanita yang belum menikah tidak akan dimasukkan alat yang merobek selaput dara.

Demikian, semoga informasi keputihan bercampur darah ini bermanfaat.

menstruasi kemaluan wanita keputihan