Wed Dec 2019 1 year ago

Cara Mengatasi Kantung Mata dan Lingkaran Hitam

Masalah kantung mata dan lingkaran hitam yang menyertainya dapat ditanggulangi dengan pelbagai perawatan yang tepat. Perawatan dapat dilakukan di lokasi tinggal dengan bahan-bahan alami, sampai melalui formalitas medis laksana laser, dermal filler (implan untuk membetulkan penampilan di wajah), dan operasi kelopak mata.


Kantung mata atau dikenal pun dengan istilah mata panda sering timbul seiring meningkatnya usia. Ketika jaringan dan otot yang menopang kelopak mata melemah. Umumnya melulu masalah keelokan atau penampilan semata, dan jarang diakibatkan oleh situasi medis yang serius. Penampilan bakal semakin mengganggu andai kantung mata disertai lingkaran di bawah mata, bengkak ringan, sampai kulit yang kendur dan keriput. Penuaan, kelelahan sampai kurang istirahat menjadi penyebab utama masalah kantung mata dan lingkaran hitam di mata Anda.


Menghilangkan Kantung Mata dan Lingkaran Hitam

Untuk menghilangkan kantung mata dengan efektif, terdapat baiknya memahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab timbulnya kantung mata yang kamu alami. Di samping penuaan dan kelelahan, ada pelbagai faktor beda yang dapat merangsang timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam di mata Anda, antara lain:

  • Peningkatan melanin atau hiperpigmentasi pasca-inflamasi dampak alergi.
  • Kerusakan pembuluh darah.
  • Penurunan lemak di bawah mata sebab masalah kulit.
  • Terlalu tidak sedikit mengonsumsi kafein dan tembakau yang menyebabkan tidak cukup tidur.
  • Retensi cairan yang dikarenakan evolusi cuaca, kadar hormon, dan makanan asin.
  • Alergi atau dermatitis yang disertai bengkak, kemerahan, dan gatal.
  • Faktor keturunan.
  • Stres dan penyampaian sinar matahari.
  • Hidung tersumbat, anemia, sampai kehamilan.


Cara Menghilangkan Kantung Mata dan Lingkaran Hitam


Pada dasarnya masalah kantung mata dan lingkaran hitam di mata melulu masalah keelokan yang tidak membutuhkan perawatan yang spesifik. Perawatan di lokasi tinggal dan pola hidup sehat bisa menjadi penyelesaian tepat menghilangkan kantung mata, di antaranya:


  • Kompres mata. Kompres mata kita dengan lap bersih yang telah diairi dengan air dingin. Kompres mata selama sejumlah menit dengan tidak banyak memberi desakan pada mata Anda. Anda dapat memanfaatkan kantung mengandung teh hijau atau potongan mentimun sebagai kompres. Atau Anda dapat menggunakan masker gel mata yang kini tidak sedikit dijual di pasaran.
  • Perbaiki jam istirahat Anda dengan masa-masa yang lumayan yakni 7 sampai 8 jam sehari.
  • Posisi istirahat dengan kepala tidak banyak terangkat akan menolong mengatasi masalah kantung mata Anda. Tidurlah dengan bantal ekstra untuk menopang kepala. Cara menghilangkan kantung mata ini menolong mencegah cairan menumpuk di dekat mata ketika Anda tidur.
  • Hindari minuman beralkohol dan berkafein, sebab dapat mengakibatkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan menciptakan kantung mata serta lingkaran hitam nampak lebih jelas.
  • Asupan cairan yang lumayan dapat menghindarkan kita dari dehidrasi dan menolong mencegah kantung mata. Agar terhindar dari retensi cairan, kita dapat meminimalisir asupan makanan olahan asin atau yang berisi tidak sedikit garam.
  • Pastikan Anda tidak sedikit minum air putih, minimal 8 gelas masing-masing hari, supaya kulit kita tetap sehat dan lembap.
  • Asupan kalium pun dapat menolong mengurangi keunggulan cairan dalam tubuh yang dapat merangsang munculnya kantung mata. Adapun sumber makanan yang berisi kalium antara beda pisang, kacang, yoghurt, dan sayuran hijau.
  • Gunakan krim mata yang berisi chamomile, mentimun, atau arnica yang berkhasiat menolong mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.


Perawatan Lain Berdasarkan Penyebab Timbulnya Kantung Mata

  • Obat alergi. Jika situasi di mata Anda diakibatkan oleh alergi, maka teknik menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam ialah dengan menghindari penyebab alergi dan mengonsumsi obat alergi yang terdapat di apotik atau atas memakai resep dokter.
  • Dermal filler. Perawatan dermal filler di dokter kulit ini dapat menjadi solusi untuk masalah kantung mata yang diakibatkan oleh pembuluh darah yang rusak, serta kehilangan jaringan lemak di lokasi mata Anda.
  • Perawatan laser dan vitamin K. Perawatan laser dapat mengurangi tampilan lingkaran hitam dampak pembuluh darah yang pecah. Produk perawatan kulit yang berisi vitamin K juga dapat membantu menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata Anda.
  • Krim pemutih. Perawatan ini dapat jadi solusi andai kantung mata dan lingkaran hitam Anda diakibatkan oleh terlampau banyaknya melanin atau menderita hiperpigmentasi. Biasanya, dokter kulit bakal meresepkan krim yang berisi zat pencerah laksana retinol, hydroquinone, asam kojic, teh hijau, vitamin C, atau kedelai.
  • Tabir Surya SPF 30. Hindari penyampaian sinar matahari dan pakai tabir surya masing-masing hari dengan SPF 30. Concealer dengan satu warna lebih cerah dari warna kulit kita dapat menolong menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Disarankan untuk memakai concealer dengan SPF 15 atau lebih. Jika kulit Anda ingin berminyak atau berjerawat, pakai concealer bebas minyak.


Operasi Kelopak Mata Bagi Menghilangkan Masalah Kantung Mata


Jika masalah kantung mata dan lingkaran hitam kita tidak kunjung hilang dan bahkan meningkat bengkak parah, dan saat perubahan gaya hidup atau penyembuhan lainnya tidak bekerja, Anda bisa mempertimbangkan guna operasi kelopak mata atau blepharoplasty. Dokter bakal mengeluarkan keunggulan lemak, otot, dan kulit di kelopak mata Anda.


Di samping menghilangkan kantung mata, blepharoplasty pun dapat membetulkan kelopak mata yang bengkak, serta mengurangi keunggulan kulit kelopak mata unsur atas dan bawah yang bisa mengganggu penglihatan. Namun, Anda butuh berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengerjakan operasi ini, menilik risiko yang dapat ditimbulkan laksana infeksi, mata kering, masalah penglihatan sampai perubahan posisi kelopak mata.


Masalah kantung mata dan lingkaran hitam lazimnya bukan pertanda situasi medis yang serius. Selamat mencoba teknik menghilangkan kantung mata di atas. Namun, Anda mesti menghubungi dokter andai mengalami iritasi mata dan mata bengkak yang parah dan dilangsungkan cukup lama, serta fenomena lain yang memengaruhi unsur tubuh lainnya. Pasalnya, fenomena penyerta tersebut dapat menjadi pertanda situasi kesehatan yang lebih serius laksana konjungtivitis, blefaritis atau peradangan kelopak mata, ptosis atau kelopak mata yang terkulai, selulitis, infeksi kulit, sampai penyakit tiroid.

mata mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam