Wed Dec 2019 1 year ago

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Mengatasi Asam Lambung - Apakah Anda sering merasa nyeri pada ulu hati atau merasa panas di dada hingga ke tenggorokan? Jika iya, Anda barangkali mempunyai gangguan pencernaan yang dikenal dengan nama GERD. GERD serupa dengan refluks asam lambung. Namun walau sama-sama buat asam lambung naik, refluks asam lambung dan GERD tidaklah sama.

Sakit asam lambung dampak GERD mempunyai sifat kronis dan seringkali terjadi minimal lebih dari dua kali masing-masing minggu dan dapat kambuh sewaktu-waktu. Simak ulasan menyeluruh tentang penyakit GERD tergolong gejala, penyebab dan opsi obat asam lambung terbaik, beserta teknik mencegah dan menanggulangi asam lambung naik di lantas hari.

Apa penyebab sakit lambung sebab GERD?
Lambung bertugas memecah makanan yang masuk supaya dapat diserap tubuh. Asam lambung sengaja didapatkan oleh lambung guna mempermudah pekerjaannya tersebut. Namun saat jumlah asam yang didapatkan malah terlampau banyak, maka dapat mengakibatkan masalah lambung, laksana refluks asam lambung

Refluks asam lambung ialah aliran balik asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Aliran balik asam ini sebetulnya adalah bagian normal dari pergerakan sistem pencernaan, sampai-sampai refluks asam lambung tidak dapat dikatakan sebagai penyakit.

Namun andai asam lambung jadi paling sering naik sehingga menimbulkan sensasi rasa terbakar di dada dan tenggorokan (heartburn), dengan kata lain otot cincin lambung (sfingter) yang bermanfaat sebagai katup penahan asam agar tetap terus di lambung telah tidak lagi bermanfaat dengan baik. Nah, situasi inilah yang lantas menyebabkan Anda merasakan sakit asam lambung.

Sakit lambung disebutkan sebagai GERD bilamana terjadi minimal lebih dari dua kali per minggu. Umumnya situasi ini terjadi sesudah Anda mengonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu asam lambung naik. Gejala GERD dapat dilangsungkan singkat ataupun dapat juga terjadi sekitar tidur.

Dalam sejumlah kasus, penyebab asam di lambung naik pun dapat sebab adanya desakan pada perut ketika kehamilan, hal obesitas, atau mempunyai sindrom hernia perut. Di samping itu, seseorang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih, merokok, mempunyai diabetes, asma, dan penyakit jaringan ikat pun berisiko tinggi terpapar penyakit ini.

Apa saja fenomena GERD?
Ketika asam lambung naik, jaringan di sepanjang dinding kerongkongan bakal terititasi oleh asam lambung. Akibatnya, kita akan merasakan heartburn, yakni sensasi panas atau nyeri di dada yang kadang-kadang fenomena ini menyebar sampai ke kerongkongan. Kondisi ini seringkali terjadi setelah santap dan fenomena akan lebih buruk saat malam hari.

GERD juga seringkali menunjukkan gejala, seperti:

  • Mulut terasa asam
  • Sakit tenggorokan (terasa perih)
  • Makanan terasa naik dan mengganjal kerongkongan
  • Asam pada unsur belakang mulut
  • Mual
  • Muntah
  • Perut kembung
  • Kesulitan menelan
  • Batuk atau bengek
  • Suara serak
  • Mengi; batuk
  • Nyeri dada, terutama ketika berbaring di malam hari
  • Cegukan

Anda mesti segera menghubungi dokter andai Anda memiliki fenomena seperti dada yang terasa sakit atau napas pendek. Di samping itu, Anda mesti memberitahu dokter kita jika fenomena ini tidak jarang terjadi dan meningkat buruk. Tubuh masing­-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter guna menangani situasi kesehatan Anda.

Apakah penyakit GERD dapat disembuhkan?

GERD diakibatkan oleh otot cincin (sfingter) lambung yang tidak bermanfaat normal. Tidak terdapat obat asam lambung yang dapat menciptakan otot itu kembali normal, namun obat-obatan ini dapat membantu meredakan fenomena dan mencegahnya kambuh kembali.

Berbagai teknik mengatasi asam lambung yang mesti kita ketahui
Di samping dengan obat, sakit lambung sebenarnya dapat dengan mudah ditanggulangi lewat penataan makanan yang lebih sehat dan seimbang.

Beberapa aturan pola santap yang butuh Anda simaklah untuk menolong mengatasi asam lambung kambuhan merupakan:

Makan lebih teratur. Salah satu penyebab eskalasi asam di lambung ialah pola santap yang tidak teratur. Oleh sebab itu, usahakan guna mempunyai jam santap yang sama masing-masing hari. Di samping itu, kita juga dianjurkan untuk tidak santap dua jam sebelum istirahat karena urusan itu dapat merangsang asam naik ke tenggorokan ketika tidur.
Hindari ngemil salah satu waktu makan. Kebiasaan satu ini dapat menciptakan pencernaan kendala untuk memahami makanan yang terlampau banyak. Akibatnya, tubuh memerlukan waktu yang lumayan lama pula untuk memahami makanan tersebut.
Perhatikan porsi makan. Cara menanggulangi asam lambung lainnya ialah dengan menyimak porsi makan. Pasalnya santap dalam porsi besar dapat merangsang refluks. Bagi menghindari kelaparan, usahakan Anda santap lebih sering tetapi dalam porsi yang lebih kecil.


Mengunyah makanan dengan benar. Meski tampak sepele, teknik satu ini urgen untuk diperhatikan. Pasalnya urusan ini bisa dapat menolong enzim pencernaan mengubah dan memahami makanan dengan lebih gampang sehingga meminimalisir risiko asam lambung naik atau memperburuk fenomena GERD yang kita alami.


Hindari minum air terlalu tidak sedikit saat makan. Minum terlalu tidak sedikit air di tengah masa-masa makan dapat mencairkan asam di lambung dan menciptakan makanan yang kita konsumsi lebih susah untuk dicerna.
Pilihan makanan guna asam lambung yang baik dikonsumsi


Asam di lambung rentan naik sesudah setelsai makan. Maka, di samping menjadwalkan santap lebih teratur, Anda pun perlu lebih ketat lagi menyeleksi apa yang Anda santap setiap hari untuk menanggulangi asam lambung. Salah memilih makanan malah dapat menciptakan asam lambung naik.

Berikut ini sejumlah makanan guna asam lambung yang baik dikonsumsi andai Anda sedang sakit asam lambung:

  • Pisang. Pisang mempunyai tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH selama 4,5 sampai 5,2. Hal ini membuatnya bisa menetralisir asam di lambung dan menolong meringankan gejala. Di samping pisang buah no citrus lainnya laksana melon, apel, pepaya, dan pir pun jadi opsi terbaik sebagai makanan guna asam lambung.
  • Oatmeal. Oatmeal (bubur havermut) berisi gandum utuh yang kaya bakal serat sampai-sampai dapat menolong menyerap asam di lambung sampai-sampai dapat menangkal isi lambung naik kembali.. Pilihan makanan tinggi serat lainnya di samping oatmeal ialah roti gandum dan beras whole grain.
  • Sayuran hijau. Sayuran hijau laksana brokoli, kacang hijau, seledri, kol, bayam, dan lainnya ialah pilihan makanan guna asam lambung terbaik. Ini sebab sayuran-sayuran itu rendah bakal asam sampai-sampai membuatnya baik dikonsumsi guna meringakan fenomena refluks yang sedang kita alami.
  • Jahe. Jahe mempunyai sifat antiradang alami yang baik sebagai perawatan guna sakit asam lambung dan masalah pencernaan lainnya. Anda bisa menambahkan jahe parut atau irisan jahe ke dalam smoothie, teh, atau masakan Anda.
  • Putih telur. Putih telur rebus ialah pilihan yang bagus sebagai makanan guna asam lambung. Namun ingat, hindari kuning telur sebab berisi lemak tinggi yang malah dapat memperparah situasi Anda yang sedang sakit asam lambung.
  • Daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak ialah pilihan terbaik sebagai makanan guna asam lambung. Konsumsilah dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak dengan teknik dikukus, dipanggang, atau dibakar. Hindari mengubah makanan jenis ini dengan teknik digoreng sebab minyak bisa memperburuk fenomena refluks.
  • Lidah buaya. Tanaman lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami dan pun perawatan gangguan pencernaan, tergolong untuk GERD.
    Makanan yang mesti dihindari andai sakit asam lambung

Seperti yang sudah dilafalkan di atas, menyimak asupan makanan merupakan hal penting untuk menanggulangi asam lambung naik. Jika kita sakit asam lambung, ada sejumlah makanan dan minuman yang usahakan dihindari atau dikurangi, yaitu:

1. Cokelat
Cokelat ialah salah satu makanan guna asam lambung yang mesti dihindari. Ini sebab cokelat bisa memicu eskalasi asam lambung dengan mengakibatkan otot sfingter melemas sebab berisi kafein dan stimulan lainnya yakni theobromine. Tidak melulu itu, cokelat juga berisi lemak tinggi.

2. Soda
Selain menciptakan perut kembung, soda dan minuman berkarbonasi dapat merangsang asam lambung naik. Bahkan soda yang pun berisi kafein bisa membuat situasi asam di lambung semakin buruk. Nah, itulah sebabnya, soda ialah salah satu makanan guna asam lambung yang mesti dihindari andai Anda tidak hendak mengalami mual, panas lambung, dan mulas.

3. Makanan yang digoreng
Makanan guna asam lambung lainnya yang mesti dihindari ialah gorengan. Ya, makanan yang digoreng diketahui pun dapat merangsang refluks. Makanan ini dikaitkan dengan panas lambung. Gejala yang mungkin dirasakan penderita ialah nyeri dada. Di samping itu, makanan yang digoreng pun dikenal sebagai pemicu kolesterol.

4. Alkohol
Sama laksana minuman bersoda, bir, anggur, dan minuman keras lainnya bisa berkontribusi mengakibatkan refluks. Alkohol diandalkan dapat merelaksasi katup di bawah esofagus (menyatu dengan lambung) yang dapat mengakibatkan refluks.

5. Susu berlemak tinggi
Pada dasarnya, seluruh makanan yang berlemak tinggi dapat mengakibatkan refluk. Baik susu, mentega, atau keju mempunyai kandungan lemak yang tidak cukup lebih sama tinggi. Jadi, andai Anda peminat keju dan mentega, tetapi sakit asam lambung, usahakan hindari mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut. Agar lebih aman konsumsi produk olahan susu dengan versi yang rendah lemak.

6. Daging tinggi lemak
Jika kita mempunyai GERD, Anda mesti menghindari makanan daging tinggi lemak. Daging tinggi lemak memerlukan waktu yang lama untuk dipahami tubuh sampai-sampai dapat menambah produksi asam berlebihan. Alternatif yang dapat Anda lakukan ialah membuang lemak dari daging, dan makanlah daging melulu seminggu sekali.

7. Kafein
Anda sudah menyimak di atas bahwa kafein dapat menambah refluks. Kafein tidak melulu ditemukan pada kopi, tetapi pun pada teh. Namun, Anda dapat mengonsumsi teh herbal laksana chamomile karena teh herbal seringkali tidak berisi kafein.

8. Tomat
Jika lambung kita bermasalah, usahakan kita menghindari tomat. Buah ini berisi sitrat dan asam malat yang dapat menambah asam di lambung. Ketika kita mengonsumsi terlalu tidak sedikit tomat, asam itu dapat mengalir ke kerongkongan. Tidak ada pilihan lain, sebab saat Anda menyajikan tomat dengan teknik memanggangnya pun, ini tidak meminimalisir asam tersebut.

9. Buah citrus
Jeruk, lemon, jeruk nipis, serta jeruk bali ialah buah-buah yang tergolong dalam citrus. Berdasarkan keterangan dari penelitian yang dimuat dalam Annals of Otology, Rhinology & Laryngology, bahwa memberi batas asupan makanan asam bisa meredakan fenomena refluks dampak asam yang naik sampai tenggorokan, laksana batuk dan suara serak.

10. Bawang bombay
Berdasarkan keterangan dari Oklahoma Foundation for Digestive Research, orang yang mempunyai penyakit GERD dan santap bawang bombay merasakan penurunan pH lambung dalam masa-masa cepat. Semakin rendah pH, asam pun bakal semakin tinggi. Hal ini pun dapat mengakibatkan sendawa dan mual.

Mengenal sekian banyak jenis obat asam lambung

Obat asam lambung sendiri terdiri dari dua jenis, yakni obat tanpa resep dan obat yang membutuhkan resep eksklusif dari dokter. Meski begitu, baik obat dengan resep maupun yang tidak dengan resep, Anda mesti berkonsultasi dulu dengan dokter guna mendapatkan obat asam lambung terbaik cocok dengan situasi Anda. Hindari minum obat-obatan ini di luar dari ajakan yang diberikan.

Obat asam lambung yang dipasarkan bebas
Jenis obat-obatan ini seringkali dapat kita temukan dengan gampang di apotek, toko obat, atau bahkan di warung tanpa mesti menebus resep dokter. Secara umum, terdapat tiga jenis obat bebas yang untuk menanggulangi asam lambung, di antaranya:

Antasida. Beberapa antasida berisi simetikon, yaitu sebuah bahan yang menolong menyingkirkan gas berlebih dalam tubuh. Contoh obat antasida ialah Mylanta®, Malox®, Rolaids®, Gaviscon®, Gelusil®, dan Tums®.
H-2 receptor blockers. Histamin-2 (H-2) receptor blockers dipakai untuk meminimalisir produksi asam di lambung. Contoh obat jenis ini ialah cimetidine (Tagamet®), nizatidine (Axid AR®), ranitidine (Zantac®), dan famotidine (Pepcid®). Efek H2 receptor blockers tidak secepat antasida namun obat ini bisa menurunkan buatan asam di lambung sampai 12 jam.
Proton pump inhibitors (PPIs). Proton pump inhibitors (PPIs) ialah salah satu obat bebas yang lebih kuat menanggulangi asam lambung ketimbang antasida dan H2 receptor blockers. Contoh obat jenis ini ialah omeprazole (Prilosec®) dan lansoprazole(Prevacid 24 HR®).


Ingat, tidak jarang kali baca petunjuk teknik pakai obat asam lambung yang tercantum di label informasi produk. Bacalah dengan teliti berapa takaran yang kita butuhkan dan interaksi apa saja yang barangkali terjadi dari pemakaian obat tersebut. Bila situasi Anda tidak merasakan perubahan sesudah dua minggu mengonsumsi obat bebas, segera periksakan diri kita ke dokter.

Obat asam lambung yang butuh resep dokter
Jika kondis kita tidak pun kunjung membaik dengan obat bebas, dokter barangkali akan meresepkan obat yang lebih manjur untuk menanggulangi asam lambung Anda. Obat asam lambung dari dokter seringkali tak jauh bertolak belakang dengan obat yang dipasarkan di pasaran, kecuali obat yang membutuhkan takaran yang lebih tinggi. Contoh obat asam lambung yang membutuhkan resep dokter ialah sebagai berikut:

H-2 receptor blockers dengan resep. H-2 receptor blockers yang memakai resep lazimnya dapat meredakan mulas dan mengobati refluks. Contoh obat ini ialah famotidine (Pepcid®), nizatidine (Axid®), cimetidine (Tagamet HB200®), dan ranitidine (Zantac®).
Proton pump inhibitors (PPIs) dengan resep. Obat ini sangat baik dikonsumsi satu jam sebelum makan. Contoh obat proton pump inhibitors yang butuh resep dokter ialah esomeprazole (Nexium®), lansoprazole (Prevacid®), omeprazole (Prilosec, Zegerid®), pantoprazole (Protonix®), rabeprazole (Aciphex®), dan dexlansoprazole (Dexilant®).


Obat penguat sfingter esofagus unsur bawah. Baclofen (Lioresal®) ialah peregang otot dan obat antispastik yang dipakai untuk memperkuat sfingter esofagus unsur bawah. Namun, efek samping bacoflen bisa menyebabkan keletihan atau mual.
Jika kita masih sakit asam lambung walau sudah mengerjakan pengobatan laksana yang sudah dilafalkan di atas, formalitas operasi bisa jadi akan dipertimbangkan dan dianjurkan oleh dokter. Prosedur operasi ini seringkali akan memulihkan faedah otot sfingter esobagus unsur bawah. Meski begitu, operasi tetap tidak dapat mengembalikan kegunaannya secara normal.

makanan untuk asam lambung sakit asam lambung mengatasi asam lambung mencegah asam lambung penyakit gastroesophageal reflux asam lambung naik penyakit asam lambung obat asam lambung gerd asam lambung