Wed Dec 2019 2 years ago

Berawal Dari Tumor Ardenal Sekarang Menjadi GIST


Assalamualaikum dok saya mau tanya.. saya sakit GIST JEJENUM DAN PANKREAS - nyeri tulang belakang+,nyeri perut-,mual-, kira kira itu tumor ganas atau bukan ya. Dan itu maish tumpor atau udh jd kanker.. maaf kalo pertanyaan nya ada yg salah. Saya kurang paham. Ukuran 12,7×8,8×6,8cm. Kira kira kalo operasi bisa di angkat semua gak dok.Makasih saya sangat berterima kasih atas jawaban dokter nanti. Semoga jawaban dokter tidak membuat saya down.. Terimakasihh dok 😊



Jawaban:


Alo Deden,


GIST atau Gastrointestinal stromal tumor merupakan jenis tumor yang sangat jarang ditemukan. Menurut jurnal dalam sebuah penelitian, 10 - 30 % dari GIST akan berkembang menjadi tumor ganas atau yang biasa disebut dengan kanker. Artinya tidak semua GIST bersifat ganas. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah yang anda alamai adalah tumor jinak ataukah ganas.


Terkait apakah tumor bisa diangkat semuanya atau tidak bergantung dari hasill pemeriksaan dokter yang menangani anda secara langsung. Dokter yang memeriksa secara langsung dan yang melakukan operasi tentu akan melakukan upaya yang terbaik sesuai dengan kapasitas ilmu yang dimiliki oleh dokter.


Namun teknis pelaksanaannya nanti apakah tumor dapat diangkat seluruhnya atau tida akan sangat bergantung pada banyak faktor diantaranya, jaringan yang berkaitan dengan lokasi tumor, tembuluh darah besar serta limfonodi yang berhubungan dengan tumor. untuk itu sebaiknya konsultasikan secara langsung dengan dokter yang menangani anda ya.


Untuk saat ini konsumsilah makanan yang bergizi seimbang, hindari stress dan konsumisi air putih dalam jumlah cukup. sekian semoga bermanfaat


By: dr. Deasy Larasandi


gist tumor kanker