andriajah Wed Jul 2023 9 months ago

Bagaimana Cara Menghapus Publik dari URL di Laravel 10?

Artikel ini menjelaskan secara rinci tentang cara menghapus publik dari url di laravel 10. Anda dapat melihat menghapus publik dari url laravel 10 menggunakan htaccess. Contoh ini akan membantu Anda menghapus publik dari url di laravel 10 dengan htaccess. Pada artikel ini, kami akan menerapkan penghapusan publik dari laravel 10 htaccess. Anda akan melakukan hal-hal berikut untuk laravel 10 menghapus publik dari url.

Terkadang kami mengunggah kode aplikasi laravel di shared hosting dan Anda ingin menjalankannya. Maka kita tidak bisa mengatur langsung path index.php dengan shared hosting. jadi kita harus menjalankan aplikasi dengan folder "publik". jadi, Anda akan menghadapi masalah dengan "publik" di url. di sini, saya akan memberi Anda dua solusi cara menghapus url publik dari aplikasi laravel.

Saya sarankan Anda tidak perlu menggunakan "hosting bersama" untuk aplikasi laravel dan jangan pernah menggunakan solusi ini.

 

Solusi 1: Laravel Hapus Publik Dari URL menggunakan .htaccess

Di Laravel, file .htaccess dapat dibuat dan diedit untuk memasukkan perubahan baru. File .htaccess terletak di direktori root, dan modifikasinya membutuhkan mod_rewrite untuk diaktifkan di server Apache Anda. Modul penulisan ulang wajib diaktifkan untuk mengimplementasikan perubahan ini. Selain itu, Anda perlu mengaktifkan .htaccess di host virtual Apache untuk menggunakannya di Laravel.

Terakhir, buka saja folder root dan buat file .htaccess dan unggah dengan kode berikut

.htaccess

<IfModule mod_rewrite.c>
   RewriteEngine On 
   RewriteRule ^(.*)$ public/$1 [L]
</IfModule>

Solusi 2: Ganti nama server.php dan Pindahkan File .htaccess

Untuk menghapus "publik" dari URL Laravel Anda, Anda harus menyelesaikan dua langkah berikut:

1. Ganti nama file server.php di folder root Laravel Anda menjadi index.php.

2. Salin file .htaccess yang terletak di direktori /public ke folder root Laravel Anda.

3. Semua file css dan js folder publik dipindahkan ke folder root.

Saya harap ini dapat membantu Anda ...

 

laravel laravel 10 laravel tutorial