ahmadajah03 Thu Aug 2020 1 year ago

Bagaimana cara mendapatkan record terakhir dari tabel MySQL di Codeigniter?

Dalam posting ini kita akan belajar bagaimana mendapatkan record terakhir dari tabel database MySQl menggunakan library database Codeigniter.

Terkadang kita hanya perlu mendapatkan hasil baris terakhir dalam aplikasi Codeigniter kita. Dalam posting ini Anda dapat melihat bagaimana mendapatkan seluruh record terakhir menggunakan query db Codeigniter. Beberapa hari yang lalu saya memposting "Bagaimana cara mendapatkan id yang terakhir dimasukkan di Codeigniter?" , di posting itu kita bisa mendapatkan id yang terakhir dimasukkan dari query db Codeigniter.

Dalam query database ini saya menggunakan order_by(), limit(), get() dan row(). order_by() akan membantu membuat urutan berdasarkan id sebagai descending, limit() akan membantu untuk mendapatkan hanya satu hasil, get() akan membantu untuk memilih tabel tertentu dan baris() akan membantu untuk mendapatkan satu baris hasil.

Jadi, mari kita lihat kueri database Codeigniter untuk mendapatkan catatan terakhir:

Contoh:

$this->load->database();
$last = $this->db->order_by('id',"desc")
  ->limit(1)
  ->get('items')
  ->row();
print_r($last);

Anda dapat dengan mudah menggunakan kueri database Codeigniter di atas untuk mengambil record terakhir. Jadi Anda dapat menggunakan sederhana seperti contoh normal di atas.

Saya harap ini dapat membantu Anda ...

codeigniter get last record from MySQL table in Codeigniter