Wed Dec 2019 2 years ago

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kolesterol Kambuh?


Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kolesterol Kambuh? - ass dokk saya masih muda umur 23 tapi saya cek kadar kolesterol saya 311 🤦🤦🤦🤦pertanyaan saya apakah saya sudah terdiagnosa penyakit jantung terus saya harus ngapain? leher suka tegang kalo lagi kumat mintak ampun sakitnya hampir susah nafas


Jawaban:

Hiperkolesterolemia ditandai dengan kadar kolesterol total yang tinggi melebihi >200 mg/dl. Kondisi hiperkolesterolemia dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung koroner dan stroke di kemudian hari. Kolesterol adalah zat yang didapat dari hasil pencernaaan makanan dan hasil metabolisme di hati. Kolesterol juga dibutuhkan bagi tubuh untuk pembentukan sel, regulasi hormon, dan menghasilkan vitamin D.


Faktor risiko yang menyebabkan hiperkolesterolemia adalah:

  • Pola makan tidak sehat
  • Kurang berolahraga
  • Riwayat keluarga dengan hiperkolesterolemia, faktor genetik
  • Obesitas
  • Merokok
  • Diabetes mellitus

Umumnya hiperkolesterolemia tidak memberikan gejala apapun. Hiperkolesterolemia baru diketahui setelah seseorang melakukan pemeriksaan darah. Pemeriksaan terbaik dilakukan setelah melakukan puasa selama min 8 jam sebelum pemeriksaan. Penanganan hiperkolesterolemia meliputi pemberian obat-obatan golongan statin, resin pengikat asam empedu, diet rendah lemak, dan olahraga rutin. Kontrol secara berkala dengan dokter juga diperlukan untuk mengevaluasi hasil pengobatan. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.


By: dr. Saphira Evani

apa yang harus dilakukan ketika kolesterol kambuh