andriajah Fri Jun 2020 1 year ago

Apa Itu Livewire Laravel?

Apa itu Laravel Livewire? Livewire ialah full-stack framework pada Laravel, yang memungkinkan kita menciptakan antar muka dinamis secara mudah, tanpa meninggalkan kenyamanan Laravel atau maksudnya gaya kodingnya masih Laravel banget.

Setelah saya mengupayakan sedikit, saya dapat menyimpulkan seprti ini, bila seringkali kita memakai frontend framework seperti Vuejs atau React, kita seringkali membutuhkan API untuk mengambil data dan memperlihatkan data.

Sedangkan Laravel Livewire ini tidak seprti itu, Livewire membuat 2 file saat kita membuat component Livewire, file kesatu ialah file Class PHP yang bekerja serupa dengan controller di Laravel, dan yang kedua ialah file view, proses memperlihatkan data di Livewire sama serupa dengan teknik kita seringkali menampilkan data dari controller ke view di Laravel.

Kalau menurut keterangan dari halaman mula webnya, Livewire tidak cukup lebih seprti ini teknik kerjanya.

  • Livewire merender component awal dengan suatu halaman ( seprti Blade @include), dengan cara ini jadi SEO friendly.
  • Saat terjadi interaksi, Livewire membuat AJAX request dengan data terbaru.
  • Server merender ulang component dan merespons dengan HTML yang baru.
  • Kemudian secara pintar Livewire memutasi DOM cocok hal – hal yang berubah.
  • Livewire hanya mengandalkan AJAX request untuk mengerjakan semua komunikasi servernya dan tidak memakai websockets.

Sedikit rumit bila diterangkan dengan kata – kata, tapi tidak cukup lebih seperti itu, mungkin anda bakal paham, saat praktik dengan kode, segitu dulu mengenai Laravel Livewire, anda mulai praktek dengan Menginstal Livewire.

laravel Livewire