andriajah Wed Dec 2019 2 years ago

18 Fakta Manfaat dari Propolis untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dari Propolis untuk Kesehatan Tubuh - Propolis lebah memiliki sifat anti-oksidan yang paling tinggi. Bahkan sifat anti-oksidan pada propolis mengungguli kandungan anti-oksidan pada buah-buahan yang lain. Dan tingkat perbedaannya hingga beratus-ratus kali lipatnya. Berikut ialah manfaat propolis lebah pergi dari hasil kajian yang dilaksanakan para ahli.


Manfaat Propolis


1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Propolis memiliki sifat perlindungan lebah dari bakteri, tentu guna paling utama yang dapat di dapat yakni berperan dalam mengayomi tubuh anda dari serangan virus, bakteri penyakit. Berdasarkan keterangan dari John Diamond MD, Propolis ini menstimulus diaktifkannya kelenjar thymuts pada tubuh sehingga bermanfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh.


2. Mengatasi penyakit mulut serta tenggorokan

Permasalahan mulut serta tenggorokan yang paling rentan ada tumpukan bakteri serta virus ini berpotensi menghadirkan penyakit-penyakit yang menyerang mulut serta tenggorokan, infeksi pada mulut serta tenggorokan anda adalahsalah satu indikasi terdapatnya serangan kuman. Tim Riset Rusia menyampaikan bila kandungan propolis yang memiliki zat antibiotik alami, vitamin, mineral, serta anti viral paling manjur untuk menanggulangi permasalahan mulut serta tenggorokan.


3. Mengatasi penyakit Jantung

Sifat anti-oksidan pada propolis dapat menanggulangi penyakit radikal bebas seperti penyakit jantung. Dr. Fang Chu, seorang dokter dari Rumah sakit Lien Yu Chine menyampaikan bila propolis baik guna penderita sakit yang diakibatkan konsentrasi kolesterol yang tinggi di dalam darah seperti penyakit jantung.


4. Menurunkan resiko darah tinggi

Penyakit lainnya yang rentan sebab serangan radikal bebas dalam tubuh yaitu desakan darah tinggi, fokus lemak jahat (LDL) dalam darah akan mengakibatkan peredaran darah jadi tak lancar. Proses aliran darah pada jantung juga terganggu, sehingga menciptakan tekanan darah naik. Kandungan anti-oksidan dalam propolis lebah menolong menurunkan fokus lemak yang tinggi dalam darah.


5. Mematikan sel kanker

Ini dia salah satu manfaat yang mengagumkan yang dapat berikan oleh propolis lebah. Kandungan dalam propolis lebah salah satunya ada zat CAPE. Hal tersebut ditemukan oleh lembaga penelitian kanker Colombia di tahun 1991. Zat Cape yang terdapat pada propolis bisa mematikan sel kanker. Penggunaan zat CAPE yang teratur sekitar 6 bulan akan meminimalisir pertumbuhan kanker hingga 50%.


6. Bahan antibiotik alami

Propolis memiliki sifat antibiotik alami yang tidak memiliki batas kadaluarsa. Hal tersebut di ungkapkan oleh majalah antibiotik VP Kivalkina. Propolis dengan sifat antibiotik alaminya bakal sangat berfungsi untuk menanggulangi infeksi baik di luar ataupun dari dalam tubuh.


7. Menghilangkan rasa nyeri

Kandungan bioflavonoid pada propolis di dukung dengan kerja vitamin C yang diikutinya menciptakan propolis efektif untuk menanggulangi rasa nyeri yang timbul di kaki, punggung, tangan. Keadaan ini paling baik guna Anda yang merasakan cedera saat olahraga. Cedera yang tentu mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa. Produk dari propolis laksana obat luar, atau dalam format sprei dapat digunakan untuk obat menanggulangi nyeri.


8. Meningkatkan regenerasi sel tubuh

Propolis memiliki kandungan 16 rantai asam amino esensial yang bermanfaat untuk proses pembentukan regenerasi sel. Proses metabolisme yang bertambah akan menciptakan sel-sel yang telah tua bakal cepat diganti dengan sel-sel baru sampai-sampai membuat keawetan tubuh anda lebih kuat.


9. Memperkuat tulang serta gigi

Kandungan asam amino yang tinggi ditunjang dengan vitamin D dan mineral yang perumahan dapat menolong regenerasi sel tulang serta gigi menjadi lebih baik. Artinya kekuatan tulang serta gigi tetaplah terjaga. Sehingga anda akan terbebas dari bisa jadi osteophorosis.


10. Suplemen harian yang alami

Propolis lebah ketika ini tidak sedikit dijadikan sebagai suplemen yang dapat anda konsumsi sehari-hari. Kandungan alaminya paling baik serta paling minim resiko. Beragam kandungan perumahan pada propolis laksana vitamin, mineral, asam amino, serta bioflavonoid menciptakan propolis paling efektif untuk mengawal kesehatan Anda masing-masing harinya.


11. Mengatasi thypus

Propolis memiliki sifat antibiotik alami, serta sekaligus antifungal alami tanpa terdapat efek samping. Propolis paling baik guna mengobati penyakit yang disebabkan oleh serangan virus serta bakteri yang tertelan bareng makanan, laksana penyakit thypus.


12. Obat Diare

Bakteri E. Colli yang menyebabkan diare bisa di obati dengan propolis. Anda bisa mengkonsumsi propolis dalam format obat tetes untuk menanggulangi diare yang menyerang. Obat alami yang kaya bakal kandungan senyawa yang baik guna tubuh ini aman guna dikonsumsi.


13. Mengurangi bau ketiak

Bakteri dan jamur yang terdapat pada lipatan ketiak kita akan mengakibatkan ketiak bau. Lagi-lagi sifat antibakteri yang dipunyai propolis bisa pula digunakan untuk mensterilkan ketiak kita dari jamur serta bakteri. Sprei propolis yang ketika ini tidak sedikit diproduksi bisa menjadi teknik Anda untuk menanggulangi bau ketiak.


14. Mengatasi sekian banyak  penyakit radikal bebas

Radikal bebas menyerang tubuh lewat situasi lingkungan yang tidak sehat laksana asap rokok, populasi udara, radiasi eletromagnetik, minuman alkohol, serta dapat melewati paparan sinar matahari. Dan konsumsi makanan olahan. Radikal bebas yang tinggi di dalam tubuh bakal merusak sel-sel serta jaringan tubuh. Akibatnya tubuh dapat gampang terkena penyakit laksana kanker, tumor, jantung koroner, hingga diabetes.


Radikal bebas bisa di stabilkan dengan senyawa flavonoid yang tidak sedikit ada di buah serta sayuran. Tetapi tahukah Anda bila kandungan flavonoid di propolis paling tinggi di bandingkan sumber makanan yang lain. Bahkan pun setetes propolis saja sama pun dengan flavonoid yang didapatkan oleh 500 buah jeruk. Oleh karenanya, propolis ialah salah satu sumber makanan alami yang mempunyai guna sebagai obat yang mengatasi pelbagai jenis penyakit radikal bebas.


15. Mengatasi penyakit TBC serta influenza

Propolis yang dijadikan obat dapat menanggulangi penyakit yang disebabkan oleh serangan virus lainnya, laksana TBC, serta influenza. Di samping virus yang penyebarannya lewat udara, virus yang di bawa oleh nyamuk demam berdarah pun dapat ditanggulangi dengan zat-zat aktif yang perumahan pada propolis.


16. Mengatasi penyakit kulit sebab jamur

Sarang lebah yang dibentengi oleh propolis terbukti dapat menangkal serangan bakteri serta jamur. Penyakit kulit yang di sebabkan oleh jamur laksana panu, kadas, kurap, bahkan pun keputihan serta ketombe dapat ditanggulangi dengan obat hasil ekstrak propolis.


17. Detoksifikasi alami

Senyawa flavonoid yang paling kaya serta menjadi keunggulan dari propolis dikomparasikan sumber makanan yang lain. Ditambah lagi kandungan semua vitamin kecuali vitamin K yang terdapat dalam propolis menolong proses pengasingan toksin. Detoksifikasi alami yang dilaksanakan propolis akan menangkal resiko kolesterol, asam urat, triglisterin, stroke, dan lain-lain.


18. Merangsang faedah organ vital tubuh

Di samping bioflavonoid atau yang dimaksud vitamin P. Propolis memiliki seluruh vitamin kecuali vitamin K, selain tersebut juga memiliki semua kandungan mineral kecuali sulfur. Menjadikan propolis sebagai di antara sumber makanan dengan kandungan sangat kompleks. Oleh karenanya, konsumsi propolis dapat untuk memenuhi keperluan gizi tubuh. Merangsang hormon, enzim, serta senyawa tubuh yang bakal menolong menggiatkan organ-organ vital sepeti organ reproduksi, jantung, otak, hati, paru-paru, hati, ginjal, limpa, dan lain-lain.


Fakta Tentang Propolis

Sejak tahun 350 SM sampai ketika ini, propolis diandalkan  sebagai obat herba yang bisa menyembuhkan pelbagai penyakit. Begitu pula dengan klaim produsen yang mengucapkan ‘si Kecil’ ini ampuh menyembuhkan pelbagai penyakit serius laksana kanker. Benarkah demikian?


Pada era canggih sekarang ini, penyembuhan tradisional seprti propolis diandalkan  oleh masyarakat. Tetapi bila diteliti dari sisi medis, propolis belum sepenuhnya dapat diperlihatkan ampuh dalam mengatasi situasi medis. Pro serta kontra pun terjadi. Mereka yang kontra menuliskan komposisi propolis belum bisa di pastikan sebab bergantung pada letak geografis, musim, serta spesies lebah. Hal demikian menciptakan komposisi propolis susah untuk dianalisis mengenai ketenteraman serta kemanjurannya secara medis.




Sementara yang pro mengatakan bila propolis adalah obat yang ampuh sebab melihat dari eksistensinya sekitar ribuan tahun. Di samping itu, belum pun diketemukan efek samping yang parah atau tidak jarang terjadi dampak pemakaian propolis. Tak gampang untuk mempertahankan eksistensi suatu produk bila tak disertai dengan khasiatnya yang bagus.


Pembuktian Melalui Riset Medis

Propolis diperkirakan bekerja melawan bakteri, virus, serta jamur. Walau sudah dianalisis dengan baik oleh semua pakar serta sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat serta Makanan (BPOM) RI, namun efektivitas propolis belum lumayan dapat diperlihatkan secara ilmiah serta butuh dikaji lebih lanjut lagi secara klinis. Berikut sejumlah keadaan yang barangkali efektif diobati dengan propolis:


Infeksi virus herpes simpleks

Cold senja atau luka melepuh di sekitaran bibir dampak infeksi virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) diperkirakan dapat diobati dengan propolis. Mengoleskan propolis diperkirakan dapat mempercepat pengobatan serta meminimalisir rasa sakit. Propolis pun diduga dapat membantu pengobatan luka herpes genital yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2). Beberapa penelitian menunjukkan bila penyembuhan luka lebih cepat bila dibanding dengan penyembuhan konvensional laksana obat oles acyclovir. Namun, pengakuan ini masih butuh diuji untuk memperlihatkan hasil yang lebih kuat.


Obat kumur

Mempercepat pengobatan serta meminimalisir rasa sakit serta peradangan setelah operasi mulut. Propolis pun saat ini telah jadi subyek penelitian kedokteran gigi. Uji klinis menunjukkan bila propolis dapat mencegah rusaknya gigi sebab sifat antimikrobanya. Hal ini pun masih butuh diperkuat dengan penelitian selanjutnya.


Anda pun usahakan berhati-hati menggunakan propolis bila Anda menderita asma. Beberapa berpengalaman percaya bila sejumlah bahan kimia dalam propolis dapat membuat asma lebih buruk. Bagi Anda yang memiliki alergi pada produk lebah, usahakan hindari propolis. Karena belum diketahui kedudukan keamanannya, lebih baik ibu hamil serta menyusui tidak boleh memakai propolis.

manfaat propolis manfaat propolis