Tanda Tanda Gejala Kanker Usus Besar

joesep 2019-01-22 00:00:00 189

Tangerang - Kanker usus besar adalahpenyakit kanker nomor tiga yang sangat sering ditemui. Penderita kanker ini rata-rata tidak menyadari gejalanya, bahkan tidak sedikit yang mengira andai hal tersebut ialah penyakit wasir (buang air besar berdarah) biasa.

Spesialis bedah dari Bethsaida Hospital, dr Eko Priatno SpB-KBD, mengungkapkan, ciri-ciri kanker usus besar ialah buang air besar (bab) berdarah yang sering dirasakan sebagai wasir, evolusi pola bab (diare atau bab dengan feses kecil-kecil), bab tidak puas, serta nyeri pada anus.

Tanda Tanda Gejala Kanker Usus Besar

Sayangnya, rata-rata penderita kanker usus besar baru datang ke dokter saat stadium kanker telah lanjut. Hal itu ditandai dengan perut buncit, kembung, tidak dapat buang air besar, kentut, muntah, berat badan menurun serta nyeri perut.

"Kanker usus besar ini bermula dari polip atau kutil. Kalau tidam ditangangi dapat berubah sifat dari jinak jadi ganas. Seringnya memang dirasakan wasir sebenarnya belum tentu," ujar dr Eko di Tangerang, Kamis (6/12).

Dr Eko mengatakan, tingkat kepedulian masyarakat terhadap kesehatan masih rendah. Penyakit yang seharusnya dapat diobati semenjak awal, malah dirasakan sebagai sesuatu yang wajar.

"Kalau di masyarakat, seluruh sakit perut dibilang maag. Kalau sakit perut dapat jadi tanda kanker usus besar khususnya yang menyumbat usus. Kalau stadium mula memang tidak terdapat keluhannya," jelasnya.

Tags

gejala kanker usus besar  penyakit kanker usus besar  

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel

Contoh Menggunakan Kontrol KesalahanMembuat Tanggal dan Zona Waktu Sederhana dengan PHPBasic yang Diperlukan Untuk Belajar AJAXGempa di Tasikmalaya, Getaran Terasa hingga Depok dan JakartaIni Tanggapan Anies Saat Diminta Presiden Atasi Banjir Jakarta

Terbaru dari Health

close