Sangat Penting Tes HIV Bagi Ibu Hamil



Infeksi HIV AIDS masih menjadi permasalahan yang serius di Indonesia. Perasaan tabu untuk memeriksakan diri dan kurangnya edukasi mengenai bahaya serta cara penularan HIV, menjadi faktor tingginya angka AIDS di Indonesia. Pada tahun 2014, ada 22.869 orang yang dilaporkan terinfeksi HIV AIDS. Dari jumlah tersebut, empat persen di antaranya adalah bayi yang tertular dari ibunya sejak dalam kandungan.

 

Penularan virus HIV dari ibu ke bayi saat hamil memang masih banyak terjadi. Hal ini terjadi karena banyak ibu yang tidak sadar bahwa dirinya sudah terinfeksi. Selain itu banyak juga ibu yang merasa tidak perlu untuk melakukan tes HIV. Padahal dokter sangat merekomendasikan ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan tersebut. Satu-satunya cara untuk mendeteksi HIV adalah dengan melakukan pemeriksaan darah. Konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan yang merawat Anda.

 

HIV seringkali tidak menimbulkan gejala, maka meski tidak merasakan keluhan, Anda sebaiknya tetap menjalani tes HIV. Bila ibu hamil terdeteksi HIV lebih dini, maka risiko untuk menularkannya pada janin dapat ditekan. Ada pengobatan yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Selain itu, ibu hamil yang terinfeksi HIV juga disarankan untuk melahirkan dengan proses operasi sesar. Dengan operasi sesar, maka bayi tidak akan terpapar cairan vagina, yang merupakan salah satu media penularan virus HIV.

 

Saat sudah terdeteksi HIV, ibu hamil juga sebaiknya memeriksakan kesehatannya secara berkala. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya menjaga kesehatannya agar virus HIV tidak semakin berkembang. HIV merupakan virus yang menyerang daya tahan tubuh, maka menjaga tubuh agar tetap sehat sangatlah penting. Sekali terkena suatu penyakit, biasanya penyakit akan menjadi semakin sulit untuk disembuhkan. Konsumsi obat HIV, yaitu ARV atau antiretroviral juga sebaiknya dilakukan dengan teratur agar ibu hamil dan janin tetap sehat. Namun konsumsi obat ARV harus sesuai dengan petunjuk dokter agar tidak membahayakan janin.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel


Penulisan [PHP] Terpisah dari Kontrol StrukturCase Sensitive [ Penulisan PHP ]Output String Pada PHPContoh Penggunaan Fungsi WHILEContoh Penggunaan Fungsi FOR

Terbaru dari Health


Search


Top Stories


  1. Membuat Perulangan Segitiga Bintang Dengan PHP

    on 2018-01-12

  2. Membatasi Jumlah Karakter dengan PHP

    on 2018-01-23

  3. Kenapa Telinga Gatal dan Berair

    on 2018-04-13

  4. Membuat Tanggal dan Zona Waktu Sederhana dengan PHP

    Admin on 2017-11-26

  5. Membuat Paragraf Otomatis dengan Script PHP

    on 2018-01-26

Other Post


Top Videos


  1. FILM Horor Terbaru "SABRINA THE DOLL 2" Full Movie 2018

    Andri03 on 2018-08-01

  2. Sandiaga Uno Resmi Mundur dari Ketua Tim Pemenangan Partai Gerindra

    joesep on 2018-07-31

  3. Founder SB1M dan Pemilik Distro BLOOP ini BANGKIT dari BANGKRUT 16x dan HUTANG 11M | Christina Lie

    joesep on 2019-06-04

  4. vivo Z1 Pro VS OPPO A9 2020 | Duel HP 3 Jutaan Terbaik 2019!

    joesep on 2019-09-26

  5. Aplikasi Kasir Point of Sale Restoran / Kafe Berbasis WEB

    joesep on 2018-08-15

close