Polisi Buru Anggota Grup Muslim Cyber Army yang Berada di Luar Negeri


Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Mohammad Iqbal.


JAKARTA — Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol)  Mohammad Iqbal mengatakan, anggota grup Muslim Cyber Army (MCA) tak hanya berasal dari Indonesia. Grup yang menyebarkan isu-isu provokatif itu juga memiliki anggota yang bekerja di luar negeri.

Iqbal mengatakan, penyidik tengah mengembangkan ke anggota lainnya, termasuk yang di luar negeri. "Ada satu tersangka yang sudah kami kejar, tidak di Indonesia.

Tim sudah bergerak untuk itu," ujar Iqbal di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/2/2018).Iqbal membenarkan bahwa salah satu anggota grup MCA tengah berada di Korea Selatan.

Namun, Iqbal enggan menyebutkan berapa anggota grup tersebut yang berada di luar negeri. Ia memastikan, Polri akan mengejar siapa pun yang terlibat dalam penyebar ujaran kebencian, SARA, dan hoaks oleh kelompok tersebut.

"Apalagi, menjelang tahun politik, kami akan mengejar siapa pun yang ada di belakang ini," kata Iqbal. Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri bersama Direktorat Keamanan Khusus Badan Intelijen Keamanan mengungkap sindikat penyebar isu-isu provokatif di media sosial.

Adapun kelima tersangka yang ditangkap adalah ML di Tanjung Priok, RSD di Pangkal Pinang, RS di Bali, Yus di Sumedang, dan RC di Palu. Mereka tergabung dalam grup WhatsApp "The Family MCA (Muslim Cyber Army)".

Konten-konten yang disebarkan pelaku meliputi isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia, penculikan ulama, dan pencemaran nama baik presiden, pemerintah, hingga tokoh-tokoh tertentu. Tak hanya itu, pelaku juga menyebarkan konten berisi virus pada orang atau kelompok lawan yang berakibat dapat merusak perangkat elektronik bagi penerima.
 

 

Sumber : Kompascom

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel


Proses Pengulangan Pada Form text filed dengan Fungsi ForPenggunaan Operator String pada PHPAtasi Banjir, Anies bakal gusur rumah warga bantaran kali di Jati PadangFitnah Panglima TNI, Facebooker Dibekuk BareskrimInilah Gejala-gejala Difteri yang Bisa Dikenali

Terbaru dari Kumparan


Search


Top Stories


  1. Membuat Perulangan Segitiga Bintang Dengan PHP

    on 2018-01-12

  2. Membatasi Jumlah Karakter dengan PHP

    on 2018-01-23

  3. Kenapa Telinga Gatal dan Berair

    on 2018-04-13

  4. Membuat Tanggal dan Zona Waktu Sederhana dengan PHP

    Admin on 2017-11-26

  5. Membuat Paragraf Otomatis dengan Script PHP

    on 2018-01-26

Other Post


Top Videos


  1. FILM Horor Terbaru "SABRINA THE DOLL 2" Full Movie 2018

    Andri03 on 2018-08-01

  2. Sandiaga Uno Resmi Mundur dari Ketua Tim Pemenangan Partai Gerindra

    joesep on 2018-07-31

  3. Founder SB1M dan Pemilik Distro BLOOP ini BANGKIT dari BANGKRUT 16x dan HUTANG 11M | Christina Lie

    joesep on 2019-06-04

  4. vivo Z1 Pro VS OPPO A9 2020 | Duel HP 3 Jutaan Terbaik 2019!

    joesep on 2019-09-26

  5. Aplikasi Kasir Point of Sale Restoran / Kafe Berbasis WEB

    joesep on 2018-08-15

close