Membuat Cetak Data / Print secara Langsung dengan PHP

PHP TUTOR 2018-10-21 12:05:45 218

Cetak Data secara Langsung dengan PHP

Membuat Cetak Data / Print secara Langsung dengan PHP –  Sering kali kita liat aplikasi desktop seperti program kasir untuk mencetak sebuah struk akan secara langsung tercetak tanpa print perview atau set pilih printer . Untuk pemograman web dalammencetak atau print dengan menggunakan perintah kita pemograman web kita bisa menggunakan perintah print namun tidak bisa secara langsung terhubung ke printer  akan ada pilihan atau print view. Biasanya yang digunakan adalah dengan perintah javascript yaitu window.print() makan akan muncul perint perview. Nah bagai manajika kita ingin membeuat perintah print langsung dengan PHP atau pada pemograman WEB, kita bisa menggunakan pemograman PHP dengan libary fitur direct printer yang kita bisa install di OS Windows.

Langkah yang kita lakukan pertama kali adalah menginstall extensi libary PHP Printer. Untuk menginstal libary PHP Printer ini anda harus download libarynya terlebihdagulu dan sesuaikan dengan versi PHP nya. Jika sudah selesai mendownloadsilahkan extraks file-nya pada direktori C:XAMPPPHPex.

Setelah itu kita daftarkan extionnya ini agar bisa dikenali oleh PHP. dengan cara mengedit file php.ini silahkan tambahkan kode dibawah ini didalam file php.ini.

extension=php_printer.dll

Setelah anda tambahkan silahkan di save dan restart apache anda untuk mendapatkan perubahan. Dan silahkan buka halaman phpinfo().

Tutorial Cetak Data secara Langsung dengan PHP

Seperti pada gambar diatas libary php printer sudah terlihat dan terpasang dengan baik untuk langkah selanjutnya kita akan coba membuat print secara langsung. 


Langkah-langkah Cetak Data secara Langsung dengan PHP

sekarang kita akan membuats script untuk mencetak data langsng ke printer ketika file ini dibuka, silahkan buat sebuah file baru dengan nama cetak_langsung.php dan isi dengan kode berikut ini:

<?php
/* contoh text */  
$text = 'Eh, ini adalah pesan text yang akan tercetak di printer...!';     
/* tulis dan buka koneksi ke printer */    
$printer = printer_open("EPSON L120 Series");  
/* write the text to the print job */  
printer_write($printer, $text);   
/* close the connection */ 
printer_close($printer);
?>

Untuk mengetahui nama printer anda bisa informasi device and printer pada komputer anda dan silahkan sesuaikan dengan nama printer yang di inginkan. Contoh anda bisa lihat seperti pada gambar dibawah ini.

Cetak Data secara Langsung dengan PHP

 

Untuk tahap selanjutnya anda bisa langsung mencobanya apakah sudah bisa langsung cetak ecara langsung file php yang sudah kita buat tadi melalui browser. Jika settingan printer anda sudah benar, maka kita mengakses file cetak_langsung.php file tersebut akan mengeksekusi printer untuk mencetak data.

Dari kode tersebut anda bisa kembangkan lagi untuk mencetak data yang berasa dari database ataupun berdasarkan input user.

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel

Aplikasi yang digunakan Untuk membuat Aplikasi dengan PHPPenulisan PHP Secara TerpisahCase Sensitive [ Penulisan PHP ]Output String Pada PHPModel Penulisan Tag PHP

Terbaru dari PHP

close