Perbedaan M-Banking dan Internet Banking

joesep 2019-03-06 157

Dewasa ini, dalam transfer uang, membayar tagihan, dan melakukan pembelian pulsa dapat dilakukan melewati ponsel Anda. Asalkan kita mempunyai rekening di bank yang menyediakan kemudahan mobile banking (m-Banking) dan internet banking (e-Banking), maka semuanya transaksi tersebut dapat dilakukan melewati ponsel pintar. 


Ada m-banking, ada pun e-banking. Keduanya ialah fasilitas perbankan yang diakses dengan memanfaatkan internet. Namun, apa sebetulnya perbedaan m-banking dan internet banking? Adakah yang lebih unggul dari kedua kemudahan perbankan online ini? Medikre akan mengajak Anda untuk mengulas lebih dalam seputar m-banking dan e-banking yang saat ini telah memberi pengaruh yang besar dalam pekerjaan perbankan di Indonesia, bahkan di semua dunia.


Pengaruh m-banking dan internet banking


Bagi kita yang bermunculan sebelum tahun 2000, Anda tentu pernah menikmati bagaimana payahnya mesti antri di teller bank melulu untuk mentransfer duit ke tabungan orang lain. Bahkan, Anda barangkali pernah menikmati lelahnya antri berjam-jam di loket pembayaran listrik maupun telepon. Namun, semua tersebut tidak butuh Anda alami lagi sejak tahun 2000-an, tahun di mana kemudahan m-banking dan e-banking mulai diperkenalkan ke masyarakat.


Melalui kemudahan m-banking dan e-banking, kita dapat mentransfer duit ke tabungan orang lain melulu dengan bermodalkan ponsel atau PC. Semua kemudahan perbankan dapat diselesaikan dalam masa-masa singkat tanpa butuh pergi ke bank. Di mana juga Anda berada, Anda dapat melakukan kegiatan perbankan dengan paling mudah melewati m-banking dan e-banking. Hal ini pasti saja menyerahkan pengaruh besar terhadap kehidupan nasabah. 


Kita jadi lebih irit waktu, energi, dan pasti saja biaya. Semua dapat dilakukan sendiri dengan PC atau ponsel pintar kita. Pengaruh m-banking dan e-banking paling besar guna memudahkan kegiatan perbankan yang seringkali harus dilaksanakan di bank atau ATM. 


Perbedaan m-banking dan internet banking


Belum tahu perbedaan m-banking dan internet banking? Simak keterangan singkatnya inilah ini. Baik m-banking dan internet banking sama-sama mengandalkan koneksi internet. Tanpa koneksi internet, dua-duanya tidak dapat beroperasi.


Mobile Banking (m-Banking)


Ingin melakukan beberapa kegiatan perbankan di mana saja? Mungkin saatnya guna mempertimbangkan ide untuk menginstall software m-banking dan mendaftarkan tabungan bank Anda supaya terhubung dengan software m-banking. Berikut ialah penjelasan tentang m-banking:

  • Menggunakan software yang diinstall di smartphone 
  • Mendaftarkan username dan password melalui cabang bank 
  • Beberapa bank tidak mengenakan ongkos (bebas pulsa) untuk  transaksi di m-Banking, meskipun ada beberapa bank yang tetap membebankan ongkos pulsa (untuk SMS notifikasi) untuk nasabah, seperti BRI 
  • Dapat digunakan untuk periksa saldo, mutasi rekening, periksa mutasi dan limit kartu kredit (beberapa bank saja), transfer antar tabungan dan bank, membayar tagihan (kartu kredit, asuransi, telepon, TV berlangganan, BPJS, dll), melakukan pembelian (pulsa, token listrik, sisa Gopay, dll) 
  • Terhubung dengan nomor ponsel aktif yang kita pakai


Kelengkapan fitur yang ditawarkan m-Banking berbeda-beda sesuai dengan kebijakan bank. Soal penerapan ongkos pulsa, sejauh ini BRI ialah bank yang membebankan ongkos pulsa untuk pengiriman SMS notifikasi dan token. Fungsi token ini ialah untuk verifikasi kegiatan perbankan. M-Banking dapat dipakai di mana saja, asalkan smartphone kita terkoneksi dengan internet. Sayangnya, untuk sejumlah bank yang masih memakai token yang dikirim melewati SMS tidak dapat dipakai di luar negeri.


Internet Banking (i-Banking)


Jika kita bertanya tentang perbedaan m-banking dan internet banking, mungkin dapat dikatakan bahwa internet banking meluangkan fitur yang lebih lengkap dibanding m-banking.Berikut ialah beberapa poin yang dapat disampaikan seputar internet banking:

  • Bisa diakses melewati browser di ponsel, PC, maupun tablet
  • Mendaftarkan username + password di cabang bank dan sejumlah bank mewajibkan pemakai e-banking untuk melakukan pembelian token (Token bermanfaat untuk mengerjakan transaksi perbankan, seperti transfer, pembelian, dan pembayaran)
  • Tidak dikenakan ongkos apapun sebab Anda hanya memerlukan koneksi internet saja untuk dapat menggunakan i-banking
  • Dapat digunakan untuk periksa saldo, mutasi rekening, giro, deposito, periksa mutasi dan limit kartu kredit (untuk sejumlah bank), transfer antar tabungan atau bank, pembelian, pembayaran, dan informasi kurs
  • Terhubung dengan email Anda sebab setelah melakukan transaksi i-banking, maka nasabah akan mendapatkan notifikasi melalui email kita (gratis tanpa dikenakan biaya)

Di samping itu, perbedaan m-banking dan internet banking sebetulnya tidak terlalu signifikan. Keduanya sama-sama dapat dipakai di mana saja dan mengandalkan koneksi internet. Anda hanya perlu memilh kemudahan online banking yang cocok dengan kenyamanan dan keperluan Anda.

Terbaru dari Tips dan Tutorial


close