Ini Dia 7 Manfaat Makan Pedas Bagi Kesehatan Tubuh

joesep 2019-02-01 96


Makanan pedas, memang menjadi favorit untuk orang-orang Indonesia. Tentunya makanan pedas yang berasal dari cabai dalam format saos, sambal, atau dimakan langsung sebagai pendamping.


Memang sih, tidak boleh terlalu tidak sedikit atau tidak jarang mengonsumsi makanan pedas. Karena gak baik guna sistem pencernaan bila terlalu tidak sedikit makanan pedas.


Tapi nih ternyata, terdapat manfaatnya pun lho untuk kamu yang menyenangi makanan pedas. Ini 7 guna kesehatan untuk dari makanan pedas.


1. Meredakan rasa sakit

Siapa sangka, di dalam makanan pedas yang di kekuasaan cabai ternyata bisa meredakan rasa sakit. Misalnya meredakan sakit gigi dan sakit kepala. Kenapa bisa? Karena dalam cabai berisi capacaisin, yang dapat memicu pelepasan endorfin di dalam tubuh.


Dengan pelepasan endorfin inilah bisa membunuh rasa sakit secara alami.


2. Sebagai antioksidan

Di samping itu, kandungan capcaisin dalam cabai bisa sebagai antioksidan dalam tubuh. Yaitu mengayomi sel-sel dari kehancuran dari radikal bebas.


3. Mencegah kanker

Di dalam cabai, ada kandungan lycopene cartonoid yang berbeperan untuk menangkal penyakit kanker. Di samping itu, kandungan ada kandungan vitamin C, asaam folat, dan beta-karoten yang berperan untuk meminimalisir resiko usus besar.


4. Menurunkan desakan darah dan menangkal serangan jantung

Dalam jangka panjang, untuk kamu yang menyenangi cabai dalam makanan pedas, ternyata dapat menangkal serangan jantung dan pun menurunkan desakan darah.


Hal ini sebab kandungan capcaisin dalam cabai yang dapat menangkal penyumbatan darah ke jantung dan meminimalisir kolesterol.


5. Mengurasi rasa pegal

Ternyata untuk kamu pecinta makanan pedas, rasa pegal bisa teratasi, lho. Dengan kandungan senyawa kapsisikol dalam cabai, bisa memberi rasa hangat secara alami.


Kamu pernah menggunakan koyo untuk menanggulangi pegal-pegal, kan? Tenyata dalam koyo tersebut terkandung cabai sebagai obat dalam format koyo.


6. Membakar lemak

Yang inginkan diet, cabai bisa menjadi penyelesaian alami guna ‘perjuangan’ kamu! Tapi ingat, simaklah porsi dan pola santap juga.


Pedasnya cabai memang diandalkan  untuk menambah metabolisme dan menghanguskan kalori dalam lemak. Tapi nih, tidak boleh berlebihan pun dalam mengonsumsi makanan pedas.


7. Melancarkan pernapasan

Mengonsumsi cabai memang dapat menambah metabolisme tubuh, dan ternyata urusan ini pun dapat memperlancar pernapasan.


Misalnya bila hidung anda sedang tersumbat atau pilek. Dengan begitu, drainase pernapasan mengarah ke paru-paru jadi lancar.


Bisa santap kenyang sekaligus guna kesehatannya pun dapat. Asalkan nih, tidak boleh terlalu tidak sedikit atau berlebihan dalam mengkonsumsinya dan jaga pola santap juga, ya!

Terbaru dari Health


close