Berbagai Manfaat dari Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

joesep 2019-02-08 227


Merawat kulit dan wajah dengan bahan alami supaya tetap cantik dan sehat semakin tidak sedikit dipilih karena tidak sedikit wanita canggih yang hendak menghindari sekian banyak  bahan kimia riskan pada produk kosmetik.


Salah satu bahan alami yang tidak sedikit digunakan guna merawat kulit ialah cuka sari apel. Manfaat cuka sari apel untuk keelokan dan kesehatan sangat tidak sedikit dan aman, itulah sebabnya kenapa produk ini paling disukai.


Cuka sari apel (apple cider vinegar) ialah salah satu bahan alami yang sedang naik daun sejumlah tahun belakangan ini di Indonesia. Alasan utama mengapa cuka sari apel lumayan sering dimanfaatkan ialah karena kegunaannya yang paling fleksibel.


Berdasarkan keterangan dari WebMD, bahan alami ini telah dipakai sebagai obat rumahan semenjak zaman dahulu. Kebanyakan dipakai untuk mengobati sakit tenggorokan atau varises. Seiring dengan peradaban teknologi dan penelitian yang berkembang, sejumlah tahun belakangan semakin tidak sedikit penelitian mengenai cuka apel.


Dari hasil penelitian-penelitian tersebut, diketahui bahwa bahan alami ini mempunyai bermacam-macam peruntukan, mulai dari guna kecantikan, kesehatan, kebersihan, dan lain-lain.


Mengenal cuka sari apel

Cuka sari apel sebetulnya terbuat dari jus (air) apel. Hanya saja, air apel itu mendapatkan ekstra ragi yang lantas akan mengolah kandungan gulanya menjadi alkohol (proses fermentasi). Dalam prosesnya, bakteri akan mengolah alkohol menjadi asam asetat. Itulah sebabnya kenapa cuka ini rasanya paling asam dan baunya cukup menyengat.


Berbagai guna cuka sari apel untuk keelokan dan kesehatan


Untuk menangkal jerawat

Perawatan wajah dengan cuka apel dapat membantu menanggulangi dan mengobati jerawat. Karena, cuka yang tercipta dari buah apel ini mempunyai sifat anti-bakteri dan antiseptik yang ampuh untuk mencuci wajah--agar bebas dari bakteri penyebab jerawat. Tidak melulu itu, pori-pori bakal jadi lebih bersih dari partikel debu dan minyak bilamana dibersihkan dengan memakai cuka apel. Kegunaan lainnya ialah untuk menyeimbangkan PH kulit sampai-sampai jerawat tidak bakal kembali lagi. 


Bagaimana cara menggunakan cuka sari apel untuk mengobati jerawat? 

  • Sediakan satu unsur cuka sari apel lantas campur dengan 2 unsur air bersih 
  • Gunakan bola kapas guna menerapkan gabungan bahan alami itu ke kulit yang berjerawat 
  • Diamkan selama tidak cukup lebih 10 menit lantas bersihkan dengan memakai air hangat

Cobalah untuk menerapkannya beberapa kali dalam sehari hingga jerawat benar-benar hilang


Bisa dimanfaatkan sebagai toner untuk wajah

Manfaat cuka sari apel untuk keelokan yang petama ialah sebagai toner. Jika kita mempunyai kulit berminyak, Anda dapat memanfaatkan bahan alami ini guna mengurangi keunggulan minyak di wajah, memperkecil pori-pori, sekaligus memperlancar aliran darah. Berbagai guna tersebut tidak lepas dari adanya kandungan asam alfa hidroksi yang ada di dalamnya. Jika kita tertarik guna menggunakannya sebagai toner kulit wajah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah inilah ini.

  • Sediakan tidak cukup lebih setengah cawan cuka sari apel. Kemudian campurkan dengan air yang telah disuling dengan komparasi yang sama. Tambahkan juga sejumlah tetes minyak esensial, contohnya minyak lavender. 
  • Setelah dibaur rata, oleskan larutan itu di permukaan kulit wajah dengan memakai bola kapas 
  • Biarkan selama sejumlah menit sebelum dibilas dengan air dingin 
  • Sisa toner alami produksi tersebut dapat Anda lakukan sekali atau dua kali dalam sehari. Namun ingat! pastikan kita mengocoknya sebelum digunakan supaya campuran larut dengan sempurna 
  • Apabila kita mempunyai kulit normal, gabungan yang digunakan ialah 1 unsur cuka sari apel dan 2 unsur air sulingan 
  • Jika mempunyai kulit sensitif, tambahkan lebih tidak sedikit air, misalnya sampai 4 unsur dan kurangi frekuensi memakai toner. Sebelum mengaplikasikan di kulit (muka) yang sensitif, pastikan Anda mengerjakan tes terlebih dahulu di kulit belakang telinga


Saran: tidak boleh menerapkan toner alami ini terlampau lama di kulit wajah sebab dapat mengakibatkan iritasi bilamana dibiarkan terlampau lama.


Memutihkan kuku yang kuning

Ada banyak bahan alami yang dapat kita manfaatkan guna memutihkan kuku, mulai dari kapur, belimbing wuluh, buah belimbing, sampai cuka sari apel. Khusus guna cuka apel, bahan alami ini familiar ampuh dalam menanggulangi noda-noda atau warna kekuningan pada kuku. Baik tersebut yang disebabkan oleh bahan kimia, pewarna, sebab sering merokok, infeksi jamur, atau sebab gaya hidup yang buruk. 


Alasan kenapa cuka ini paling baik dan efektif guna mengatasi sekian banyak  masalah kuku ialah karena kandungan asam malat serta asam asetat yang ada di dalamnya. Di samping efektif untuk mencuci kuku, cuka ini pun ampuh dipakai untuk mengobati infeksi pada kuku. Misalnya, andai Anda merasakan cantengan atau semacamnya. Cara menggunakannya:

  • Siapkan mangkok berukuran sedang, lantas masukkan setengah cawan cuka apel dan air suam-suam kuku dengan komparasi yang sama 
  • Rendam ujung jari (kuku) selama tidak cukup lebih 20-30 menit kemudian bilas 
  • Setelah tersebut oleskan minyak zaitun ke masing-masing kuku 
  • Lakukan perawatan ini dua kali sehari guna mendapatkan hasil terbaik


Cara menggunakan cuka sari apel untuk mengatasi ketombe

Ketombe ialah salah satu masalah kulit kepala yang memang paling sulit guna di atasi. Sehingga tidak heran bilamana banyak produsen shampoo yang berjuang menciptakan shampoo anti ketombe untuk menolong kita mengatasinya. Tapi tetap saja, yang namanya ketombe susah sekali guna disingkirkan. 


Apa sih sebetulnya penyebab ketombe hadir di kulit kepala? Penyebab utama ketombe ialah kulit kepala yang berminyak dan serpihan-serpihan sel kulit mati. Akibat ketombe, kulit kepala tidak jarang terasa gatal, kulit kepala jadi bersisik, dan serpihan-serpihannya biasanya jatuh di pakaian. 


Untungnya, masih terdapat bahan alami yang dapat kita pakai untuk menanggulangi ketombe. Salah satunya ialah cuka sari apel yang mempunyai sifat anti-jamur. Selain dapat membantu menanggulangi ketombe, sebetulnya cuka sari apel pun sangat berfungsi untuk mengembalikan ekuilibrium PH kulit kepala dan mencuci pori-pori serta folikel rambut yang tersumbat. Adapun teknik memanfaatkannya merupakan:

  • Sediakan dua sdm cuka sari apel lantas campurkan dengan 2 sdm air bersih 
  • Tambahkan selama 10 tetes minyak pohon teh (tea tree oil) 
  • Terapkan gabungan tersebut di kulit kepala seraya dipijat-pijat selama tidak cukup lebih 5 menit. Setelah tersebut diamkan sekitar 5 menit 
  • Lanjutkan dengan membilas kepala memakai air dan keramaslah laksana biasa memakai shampoo yang lembut 
  • Terapkan obat alami guna ketombe itu antara 2-3 kali seminggu


Mengatasi sakit tenggorokan

Khasiat cuka sari apel guna kesehatan, salah satunya ialah untuk menanggulangi sakit tenggorokan atau radang tenggorokan. Cuka ini dapat membantu menangkal infeksi sekaligus menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat. Karena mayoritas kuman sebetulnya tidak dapat hidup di lingkungan yang asam (seperti yang terdapat di dalam cuka). Cara memanfaatkannya:

  • Sediakan seperempat cawan cuka sari apel. Kemudian campurkan dengan seperempat cawan air hangat 
  • Gunakan gabungan tersebut guna berkumur-kumur setiap sejumlah jam


Menurunkan berat badan kesehatan dan kebugaran

Ahli kesehatan mempercayai bahwa cuka sari apel berfungsi untuk menurunkan mutu tubuh. Cara menurunkan berat badan dengan memakai cuka sari apel ialah dengan, mengkonsumsi 2 sdm masing-masing hari selama tidak cukup lebih 12 minggu. Tujuannya ialah untuk menurunkan berat badan sampai 1,8 kg. Khasiat tersebut dapat Anda dapatkan tanpa butuh memodifikasi gaya hidup atau diet harian. 


Berdasarkan keterangan dari penelitian, cuka alami ini dapat meningkatkan rasa kenyang, menolong mengurangi asupan makanan sehingga mengakibatkan berat badan menurun. Bahkan, dalam studi beda ditemukan bahwa, cuka apel juga dapat membantu menurunkan asupan kalori sampai 275 kalori per hari.

Terbaru dari Health


close