Hot Articles


Ini Dia Menu Makan Bayi 6 Bulan ke Atas

Joeshep 2018-01-18 105


Menu makanan Bayi 6 Bulan ke Atas - Anda mempunyai balita diatas 6 bulan masih binggung juga memberi makanan tambahan pendamping asi? Disaat bayi sudah berusia 6 bulan sudah selayaknya di beri menu tambahan berupa makanan yang sudah barang tentu di sesuaikan dengan kondisi si kecil. Sedangkan menu makanan bayi 6 bulan seharusnya benar­-benar mendapat perhatian khusus mengingat di usia ini sangat vital dalam proses pertumbuhan dan juga perkembangan anak ke depannya. Dengan asupan nilai gisi yang baik dan seimbang diharapkan bisa menjadi anak yang tumbuh dengan sehat, cerdas, dan kuat terutama dalam sistim imunitas mereka. Nah dalam proses pemberian makanan tambahan perlu juga diperhatikan komposisi zat­zat gizi seperti vitamin, mineral, protein dan juga komposisi lain yang bisa menunjang pertumbuhan anak. Jika selama ini ada diantara ibu­ibu yang masing binggung dalam memberikan menu tambahan bagi sikecil Anda sebaiknya simak baikbaik resep munu makanan bayi untuk usia 6 bulan ke atas berikut ini : 

 

1. Membuat Pure Pisang dan Tahu 

 

Bahan­-bahan : 

1 buah pisang berukuran kecil 50 gram (3 ons) 
Tahu (pilihlah tahu jenis soft Tahu, yang lembut untuk dikonsumsi bayi) 


Cara Membuat : 

Kupas dan haluskan pisang kemudian campurkan dengan tahu matang, lumatkan hingga menjadi pure. Anda juga bisa menambahkan buah mangga, aprikot, persik, dan buah­-buahan lainnya bersama-sama dengan buah pisang. 

 

2. Membuat Nasi Tim Cincang 

 

Bahan-­bahan untuk nasi Tim Cincang untuk Bayi Usia 6­12 Bulan : 500 750 ml air 2 sendok makan beras 50 gram tahu, cincang 25 gram daging giling 50 gram wortel parut 25 gram tomat cincang 2 sendok makan santan kental.

 

Cara Membuat : Rebus air bersama , tahu dan daging giling. Aduk­aduk dan masukan wortel serta tomat, aduk dan masak hingga sayuran matang & angkat. 

 

Tuang santan, aduk hingga tercampur rata kemudian angkat kemudian tuangkan kedalam mangkuk tahan panas. Panaskan wadah dandang lalu kukus nasi tim sampai airnya habis. Kemudian angkat dan sajikan.

 

Catatan : Pilih tahu yang masih seger, warna dan baunya belum berubah. Untuk 1 porsi ( 1 porsi = 226 kalori ).

 

3. Membuat Bubur Kacang Hijau 

 

Bahan-bahan : 100 gr kacang hijau kupas, rendam, tiriskan 250 cc jus apel 1 buah wortel, kupas, potong dadu 400 cc air 10 sdm susu formula 1

 

Cara Membuat : 
Sangrai kacang hijau hingga matang. Haluskan dan ayak. Rebus wortel dengan air hingga tinggal setengah. Ambil airnya. Campur kacang hijau bubuk dengan jus apel dan air rebusan wortel. Aduk hingga rata. Jerang di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih. 

 

Masukkan susu formula 1 sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Angkat. Berikan pada bayi selagi hangat. Untuk 2 porsi.

 

4. Membuat Puding Roti Apel

 

Bahan­-bahan :

150 gr apel, cuci belah empat dan buang bagian tengahnya 75 gr roti tawar buang tepinya dan iris kecil 50 ml susu formula.

 

Cara Membuat : Panaskan dandang dan kukus apel selama 10­12 menit kemudian angkat. Kupas kulit apel, masukkan dalam blender dan haluskan hingga jadi pure. Campur Roti dengan susu formula, aduk sampai roti lunak. Tuang campuran roti dan susu formula ke dalam mangkuk dan sajikan dengan pure apel. 

 

Tips Tambahan :

Susu formula bubuk sesuai dengan yang biasa Anda berikan pada bayi Boleh gunakan susu formula karena susu karena susu tidak dimasak diatas api pada saat puding roti apel diolah. Susu formula dibuat dari 50 ml air hangat matang di campur lalu aduk sampai rata dengan dua sendok takar susu formula bubuk. Untuk 1 porsi ( 1 porsi = 309 kalori ) .

 

5. Membuat Bubur Dagi 

 

Bahan­-bahan :

1 cangkir beras (lebih baik beras coklat/brown rice), cuci bersih 50 gram daging sapi cincang
1 batang seledri, potong­potong 1 batang wortel, kupas, potong­potong 2 cangkir air.

 

Cara Membuat : 

1. Campur semua bahan lalu masak sampai nasi jadi bubur. 
2. Haluskan semua bahan.  

 

Perlu diperhatikan ketika Anda ingin memberikan bayi usia 6 bulan makan yaitu cukup memberi 1 sendok teh pada hari pertama, dan terus ditambah seiring dengan berjalannya waktu.

 

Penulisan PHP Menggunakan Semi KolonInia Dia 10 Makanan Penambah DarahIni Dia Cara Mengenali Dan Mengatasi Katarak Pada Bayi Dan AnakIni Bahayanya Memberi Makan Bayi Dibawah "6 Bulan"Ini Dia Pilihan Makanan Yang Aman Untuk Diabetes

Untuk berlangganan artikel silahkan masukan email anda


Delivered by FeedBurner


Masukan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru.


close