Ini Dia Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

joesep 2019-01-07 00:00:00 215

Manfaat bawang putih terkenal tidak saja untuk meningkatkan rasa masakan, namun juga diandalkan berkhasiat guna kesehatan. Manfaat bawang putih sendiri sudah lama dipakai sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Tanaman dari family Allium atau bawang ini tidak sedikit digunakan untuk sekian banyak keperluan medis.

Sejumlah studi mengaitkan konsumsi tidak sedikit bawang putih dengan penurunan desakan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta membetulkan sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

Apa Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan?

Namun, guna bawang putih guna kesehatan memang belum terbukti 100 persen, sampai-sampai masih dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam. Meski demikian, sejumlah penelitian sudah menemukan bisa jadi manfaat laksana berikut ini.

Baik Bagi Jantung

Salah satu guna bawang putih yang disebutkan ialah baik guna kesehatan jantung. Dari sebuah penelitian, ditemukan data bahwa pemberian suplemen yang berisi ekstrak bawang putih berpotensi menyerahkan efek perlindungan guna kesehatan jantung. Efek ini tampak dari keterampilan bawang putih guna menurunkan kolesterol, dan efek pengencer darah yang dapat menolong melancarkan sirkulasi darah.

Baik Bagi Kesehatan Saluran Cerna

Tak melulu baik guna jantung, guna bawang putih lainnya ialah untuk kesehatan drainase cerna. Bawang putih berisi zat allicin yang bermanfaat sebagai antibiotik pun antijamur. Penelitian mengindikasikan bahwa guna bawang putih pun dapat dipakai untuk melawan infeksi bakteri H.pylori di lambung.

Mencegah Kanker

Salah satu guna bawang putih yang sedang tidak sedikit diteliti ialah efeknya dalam melawan kanker. Terdapat riset yang mengindikasikan bahwa bawang putih bisa menekan kegiatan sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, bawang putih mempunyai potensi sebagai sumber antikanker. Studi lain mengindikasikan pula bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih berisiko lebih kecil untuk terpapar kanker usus besar. Namun, masih diperlukan penelitian dalam skala yang lebih banyak untuk menerapkannya sebagai penyembuhan secara medis.

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Ekstrak bawang putih diperkirakan mampu menurunkan desakan darah pada penderita hipertensi. Beberapa temuan riset mengungkapkan bahwa bawang putih bisa melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

Bawang putih juga diperkirakan mampu tidak banyak menurunkan kolesterol dalam tubuh, namun bukan berarti bawang putih bisa menjadi obat hipertensi maupun kolesterol yang efektif sebab masih membutuhkan penelitian yang lebih luas.

Mencegah Pilek

Bawang putih diandalkan dapat menangkal pilek karena diperkirakan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Penelitian mengindikasikan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi pilek lebih jarang merasakan flu dan pilek dan bakal lebih cepat sembuh saat terkena flu dikomparasikan mereka yang tidak. Namun, bagaimana teknik kerja dan pemakaian guna bawang putih sebagai pencegahan dan penyembuhan untuk flu dan pilek masih butuh diteliti.

Khasiat dan guna bawang putih bisa dimaksimalkan andai dikonsumsi mentah sebab memasaknya terlampau matang bisa menghancurkan kandungannya yang penting. Jika kita berniat memakai suplemen bawang putih untuk destinasi kesehatan, terdapat baiknya kita bertanya terlebih dahulu untuk dokter, terutama andai Anda memiliki situasi medis tertentu atau sedang memakai obat pengencer darah.

Tags

manfaat bawang putih  

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel

Penulisan [PHP] Terpisah dari Kontrol StrukturContoh Menggunakan Kontrol KesalahanDasar Pemahaman Ajax yang Harus Diketahui Oleh Para PemulaHeboh Warga ! Bawa Jenazah Berkendara Ugal-ugalan dengan Melawan ArusBerniat Mau Beli Mobil, Ini dia Mobil dengan Biaya Servis Paling Murah

Terbaru dari Health

close