Gubernur Sulut Mengeluhkan Gajinya Yang Kecil dan Meminta Presiden Joko Widodo Menaikkan Gaji



Jakarta - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengeluhkan gajinya yang kecil dan meminta Presiden Joko Widodo menaikkan gaji kepala daerah untuk menekan tingkat korupsi kepala daerah. Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menuturkan perlu ada standarisasi baru gaji pejabat negara.

"Dulu pernah saya sampaikan bahwa struktur gaji para pejabat negara maupun aparatur negara ini memang harus dibuat standarisasi yang baru. Jadi permasalahannya bukan kurang atau kecil atau cukup atau permasalahannya setuju atau tidak setuju," kata Taufik saat dihubungi, Rabu (21/2/2018).

Ia memandang, saat ini terlihat ada ketimpangan gaji antara pejabat negara dan pejabat direksi BUMN. Pasalnya, dikatakan oleh Taufik, gaji pejabat direksi BUMN bahkan melebihi presiden.

"Dulu saya menyampaikan, di antara struktur pegawai pemerintahan, kemudian di antara para pejabat publik, kemudian juga para aparatur kita baik Kepolisian maupun TNI-Polri itu apabila dilihat dalam posisi yang sekarang ini terjadi ketimpangan take home pay yang masih sangat jomplang dengan para pejabat direksi BUMN," tuturnya.

"Ada direksi BUMN itu gajinya di atas Rp 300 juta perbulan, ada juga Rp 400 juta. Belum nerima tantiem bonusnya tiap tahun. Sehingga bahkan gaji presiden saja kalah jauh secara struktur gajinya ya yang resmi dibandingkan dengan kepala direksi BUMN," sambung Taufik.

Wakil Ketua DPR bidang ekonomi dan keuangan ini pun berharap agar Menteri Keuangan Sri Mulyani segera merestrukturisasi standarisasi gaji secara menyeluruh. Tak hanya pejabat negara, sebut Taufik, tapi juga standarisasi gaji pejabat direksi BUMN.
 

"Semua dari anggota DPRD, pegawai golongan tingkat I, golongan II semuanya direstrukturisasi. Jadi saya tidak mengatakan ini dapat mengurai korupsi atau tidak, tapi ya karena itu semuanya semrawut," sebut Taufik.
"Ya secepatnya (perlu direstrukturisasi). Karena sekarang kalau tidak segera direstrukturisasi gaji sesuai dengan standard yang terbaru, yang pasti terjadi ketidakadilan antara pejabat. Saya minta restrukturisasinya juga harus menyeluruh sebagai bendahara negara di Kementerian Keuangan," ujar Waketum PAN itu.

Meski begitu, Taufik tak menyebut restrukturisasi standar gaji dapat mengurai kasus korupsi di tingkat kepala daerah. Namun, standarisasi gaji yang tak kunjung diperbarui membuat sistem gaji menjadi semrawut.


Sebelumnya Olly meminta Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menyampaikan pesan ke Presiden Jokowi untuk menaikkan gaji kepala daerah untuk menekan tingkat korupsi kepala daerah. Ia juga menjamin jika gaji gubernur naik, tak ada kepala daerah yang melakukan korupsi.

"Alangkah baiknya apabila bisa melalui Ibu Basaria Panjaitan selaku Wakil KPK RI bisa menyampaikan pesan kepada Presiden Jokowi apabila gaji kepala daerah besar, Olly Dondokambey selaku Kepala Daerah Sulawesi Utara jamin kepala daerah dan kepala daerah Kabupaten lainnya tidak ada lagi ditemukan praktik korupsi," beber Olly. 
 

 

Sumber : Detik.com

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel


Teknik Modulasi (include, include_once, require dan require_once)Berniat Mau Beli Mobil, Ini dia Mobil dengan Biaya Servis Paling MurahSurat Setya Novanto Bikin Malu GolkarIni Tanggapan Anies Saat Diminta Presiden Atasi Banjir JakartaScript Penjumlahan dan pengurangan tanggal di PHP

Terbaru dari Keuangan


Search


Top Stories


  1. Membuat Perulangan Segitiga Bintang Dengan PHP

    on 2018-01-12

  2. Membatasi Jumlah Karakter dengan PHP

    on 2018-01-23

  3. Kenapa Telinga Gatal dan Berair

    on 2018-04-13

  4. Membuat Tanggal dan Zona Waktu Sederhana dengan PHP

    Admin on 2017-11-26

  5. Membuat Paragraf Otomatis dengan Script PHP

    on 2018-01-26

Other Post


Top Videos


  1. Founder SB1M dan Pemilik Distro BLOOP ini BANGKIT dari BANGKRUT 16x dan HUTANG 11M | Christina Lie

    joesep on 2019-06-04

  2. vivo Z1 Pro VS OPPO A9 2020 | Duel HP 3 Jutaan Terbaik 2019!

    joesep on 2019-09-26

  3. FILM Horor Terbaru "SABRINA THE DOLL 2" Full Movie 2018

    Andri03 on 2018-08-01

  4. Sandiaga Uno Resmi Mundur dari Ketua Tim Pemenangan Partai Gerindra

    joesep on 2018-07-31

  5. Aplikasi Kasir Point of Sale Restoran / Kafe Berbasis WEB

    joesep on 2018-08-15

close