Cara Redirect HTTP ke HTTPS Pada Website

2017-12-08 219

Oke bagi teman yang lagi cari cara tentang mengalihkan atau meredirect situs atau alamat web dari HTTP ke HTTPS, contohnya dari http://medikre.com ke https://medikre.com,


Tapi pertama saya jelasin dikit mengenai protokol https, buat yang belum tau. Intinya https itu semacam protokol http yang lebih aman untuk browsing, informasi yang diberikan juga gak sembarangan bisa diambil orang lah (saya juga taunya cuman segitu huahahha). Kalo browsing pake IE ato firefox bakalan muncul confirmation box bahwa kita akan browse website itu secara secure / https. Siapa yang biasa pake? website yang memerlukan kepercayaan dari usernya, dimana ketika mereka masukin informasi2 berharga seperti Credit Card Number maka mereka yakin kalo website itu aman (setidaknya) dengan adanya https ini

Nah karena secure, maka https biasanya juga gak gretong alias gratis. Untuk itu, minta diaktikan dulu SSL dari webhosting yang bersangkutan supaya kita bisa browsing via https. Kalo udah aktif lalu bagaimana caranya merubah semua request http ke https?

Tinggal buka filemanager dari cpanel, ato kalo dari FTP, carilah file .htaccess yang terletak didalam root folder public_html. Masukin deh kode ini kedalam file tersebut :

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Oh yah di dalam cpanel file manager bagi yang belum ada file .htaccess di show hidden dulu di pengaturan file managernya karna secara default file manager akan menghidden file tersebut caranya

cari menu pengaturan biasanya pojok kanan atas, lalu klik


Centang show hidden files, lalu klik save. Setelah itu akan muncul file .htaccess, seperti gambar dibawah ini.



Lalu klik kanan edit dan masukan kode yang berada di atas ke dalam file .htaccess setelah itu save dan coba jalankan webnya. Semoga berhasil

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel

Cara Merawat Bayi Sehat dan CerdasCara Menggunakan Google AMP pada Website WordPress

Terbaru dari Webdeveloper

close