Hot Articles

Kenapa Telinga Gatal dan Berair
joesep 2018-04-13 573

Cara Menggunakan Array dengan PHP

joesep 2018-01-31 104

Membuat Array Sederhana dengan PHP - Oke pada kesempatan ini saya akan membahas tentang apa itu array, dan bagaimana cara menggunakannya. tentunya bagi seorang programmer tidak asing dengan array ini, namun bagi seorang pemula yang terjun di dunia pemograman ini masih bingung apah itu array dan digunakan untuk apah array tersebut. sebelum ke contoh penggunaannya kita harus tahu dulu pengertian array dalam bahasa pemograman.

Pengertian Array

Array merupakan koleksi atau kumpulan data yang disimpan dalam suatu variabel dan diletakkan pada memori. Data yang ada di dalam array disebut dengan elemen array. Dalam PHP, array secra aktual akan melakukan proses pemesana lokasi pada memori untuk melakukan penyimpanan data. Data dapat terdiri dari keys dan values. keys, berfungsi sebagai petunjuk lokasi dari elemen array atau index dan values merupakan nilai yang disimpan di dalam lokasi tersebut.

Membuat Array

Sintaks dari array sangatlah sederhana yaitu hanya menggunaka keyword arrya(). Didalam array kita dapat menggunakan sejumlah variabel yang dipisahkan dengan menggunakan tan koma. Perhatikan pendefinisian array berikut ini.

$dataArray = array ($key => $value);

Perhatikan cara membuat array yaitu, gunakan kata kunci array, kemudian gunakan simbol "(", lalu tuliskan data yang akan dipisahkan menggunakan tanda titik koma ",", lalu diakhiri dengan tanda ")".

Untuk mengakses elemen array gunakan nama variabel dan simbol "[]", yang di dalamnya berisi nomor elemen. Sebagai contoh:

$dataArray[0], $dataArray[1],..dst

Elemen dalam array dimulai dari 0 sampai (jumlah data -1). Sedangkan untuk mengisi data di dalam elemen array gunakan operator assigment '='.

Contoh Menggunakan Array dengan Sederhana

$dataArray = array("mangga", "pisang", "rambutan"); 

echo $dataArray[0]; 
echo "
"; 
echo $dataArray[2]; 
echo "

"; 
// mengakses seluruh data 
foreach ($dataArray as $buah) { 
   echo "nama buah : " . $buah; 
   echo "
"; 
} 

Hasil Outpunya :

mangga
rambutan

nama buah : mangga
nama buah : pisang
nama buah : rambutan

 

Sekian tutorial kali ini selamat mencoba dan semoga berhasil.

Aplikasi yang digunakan Untuk membuat Aplikasi dengan PHPCara Penulisan Script PHP Di BodyCase Sensitive [ Penulisan PHP ]Menggunakan Komentar [Penulisan PHP]Penulisan PHP Menggunakan Semi Kolon

Masukan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru.


close