Cara Install CodeIgniter 3 di XAMPP

PHP TUTOR 2018-10-03 12:05:45 172


Belajar Cara Instalasi Codeigniter 3 - Bagi sobat yang ingin membuat web dengan framework CI atau CodeIgniter sebelumnya harus tahu dulu apa itu CodeIgniter. Sebelum ke pembahasan kita kenalan dulu dengan framework Codeigniter. 

Codeigniter 3 merupakan salah satu Framework PHP  yang sangat terkenal dengan menggunakan Konsep MVC dan sering digunakan oleh para pengembang atau developer web dan komunitas di seluruh penjuru dunia. Dengan menggunakan Framework ini pula kita tidak akan terlalu kesulitan mencari tutorial yang membahas framework ini karena Developer Codeigniter 3 sudah menyediakan dokumentasi secara lengkap atau Table of Content yang bisa kalian lihat di User Guide.

Framework Codeigniter 3 sudah kini sudah memasuki Versi 3.1.9 dan Codeigniter 4 yang sedang dalam masa pengembangan.

Ini dia Kenapa harus memakai framework CodeIgniner .

  1. Sangat mudah dalam proses Instalasi
  2. Berbasis Open Source
  3. Dokumentasi yang Detail dan Lengkap
  4. Konsep MVC
  5. Konsep Object Oriented Programing (OOP)
  6. Cepat dan Ringan

Dan selain itu masih banyak lagi keunggulan Codeigniter yang bisa anda temukan nantinya.

Oke kita lanjut ke tahap Instalasi. sebelum melakukan instalasi anda harus download file codeigniter-nya dihalaman web resmi codeigniter.com. Setelah mengundul file-nya silahkan unzip/ekstrak kedalam folder htdoc jika anda menggunakan XAMPP. Setelah di ekstrak silahkan diubah nama codeigniter 3 sesuai yang anda inginkan contohnya saya adalah mengubahnya dengan CI-hello.

Sekarang coba anda jalankan filenya melalui browser contoh localhost/CI-hello dan kamu akan dibwa kehalaman awal CodeIgniter yang berarti instalasi telah berhasil.

Setelah instalasi berhasil silahkan anda ganti file configurasi pada yang berada pada folder config/config.php tambahkan alamat url anda contoh pada kode dibawah ini.

$config['base_url'] = 'http://localhost/CI-hello';

 

Sampai proses ini jadi begitulah cara instalasi framework CodeIgniter 3 di XAMPP atau localhost.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel

Aplikasi Editor PHPCara Penulisan Script PHP Di BodyCase Sensitive [ Penulisan PHP ]Contoh Cara Menentukan Bilangan Ganjil Dengan Fungsi DO-WHILEPengunaan Operator Array Pada PHP

Terbaru dari framework CI

close