Begini Cara Install Framework Laravel di XAMPP

joesep 2019-04-21 00:00:00 170


Cara Install Framework Laravel di XAMPP


Pengertian Framework Laravel

Laravel adalah sebuah framework PHP yang dirilis dibawah lisensi MIT, dibangun dengan konsep MVC (model view controller). Laravel adalah pengembangan website berbasis MVP yang ditulis dalam PHP yang dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, dan untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu.


Cara Install Laravel

Cara install laravel sangat mudah dan simple, yang penting yang pertama harus kita install adalah composer. untuk install composer silahkan klik link berikut ini untuk download composer install, jika sudah install composernya pastikan juga sudah menginstall XAMPP-nya.


Jika sudah lengkap semuanya termasuk composer dan xampp-nya kita masuk ke direktori xampp/htdoc untuk memulai install laravel. Buka CMD atau Terminal pada operating system ketik/copy-paste kode dibawah ini pada cmd/terminal:


Windows:

cd C:XAMPP/htdocs/

Mac OS:

cd /Applications/XAMPP/xamppfiles/htdocs/

Kemudian ketikan perintah dibawah ini untuk mulai menginstall laravel

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel belajar_laravel

Prosess instalasi laravel



Setelah selesai install laravel pastikan anda harus menginstall vendor laravel dengan perintah composer install pada cmd/terminal, silahkan buka projectnya contoh di sini belajar_laravel, bagi yang menggunakan vs code silahkan ketikan perintah pada cmd/terminal code . 

Untuk menjalankan project laravel silahkan ketikan perintah :

php artisan serve

Jika berhasil silahkan jalankan projectnya di browser anda dengan url localhost:8000 atau 127.0.0.1:8000 maka anda akan melihat tampilan halaman berikut dibawah ini:



Selamat, cara instalasi laravel telah selesai. Terimkasih semoga bermanfaat.

Tags

cara install laravel  laravel  

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel

Penulisan PHP pada Elemen FormPengunaan Operator Array Pada PHPContoh Penggunaan Increment / Decrement di PHPCara Menggunakan Variabel [PHP] Cara Membuat Session di PHP

Terbaru dari framework Laravel

close