Apah Benar Pil Kontrasepsi Bikin Wanita Jadi Gemuk?

joesep 2018-09-24 59

Banyak yang bilang, mengonsumsi pil kontrasepsi bisa membuat wanita gemuk. Simak fakta medisnya berikut ini.

Saat hamil, berat badan wanita akan berangsur naik. Maka setelah melahirkan, biasanya wanita berlomba-lomba untuk mengembalikan bentuk tubuhnya seperti sedia kala. Namun, setelah anak tumbuh besar dan mengonsumsi pil kontrasepsi, tubuh akan menjadi gemuk. Banyak yang bilang, hal tersebut disebabkan oleh konsumsi pil KB.

Pikiran tersebut tak serta-merta datang tanpa alasan. Sebab, dilansir dari WebMD, sebuah kajian terhadap 44 penelitian menunjukkan tidak ada bukti bahwa pil KB atau kontrasepsi yang menyebabkan kegemukan permanen.

Andai kata memang menyumbang angka pada berat badan Anda, kenaikan berat badan akibat konsumsi pil KB akan hilang 2-3 bulan kemudian (efek samping sementara).

Sementara itu, menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons dari KlikDokter,penggunaan kontrasepsi suntiklah yang memang terbukti dapat menambah berat badan seseorang sebanyak 5 persen.

Hal ini pun hanya terjadi pada wanita muda yang memiliki masalah berat badan berlebih. Sedangkan, penggunaan pil KB tidak terbukti bisa menambah berat badan yang signifikan.

Penggunaan pil kontrasepsi

Saat pil kontrasepsi pertama kali dijual pada awal '60-an, pil tersebut memang mengandung kadar estrogen dan progestin yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, wanita yang mengonsumsinya pun bisa naik berat badannya.

Kini, pil kontrasepsi mengandung jumlah hormon yang lebih rendah dan bisa menjadi kabar yang melegakan buat Anda. Pasalnya, kenaikan berat badan yang drastis tidak lagi menghantui Anda yang sekarang hendak atau sedang mengonsumsi pil kontrasepsi.

Pada dasarnya saat Anda menggunakan kontrasepsi hormonal dengan kandungan estrogen, hormon tersebut bisa menyebabkan terjadinya penahanan cairan. Fluktuasi berat air pada tubuh Anda pun bisa mencapai 10 pon. Lalu, bagaimana caranya agar Anda terhindar dari “berat badan air” itu?

Dilansir dari Women’s Health, caranya adalah dengan memilih pil KB yang mengandung drospirenone sebagai komponen progestin.

Pil kontrasepsi jenis ini tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena drospirenone yang bertindak sebagai diuretik, yaitu memicu Anda untuk sering buang air kecil. Sehingga, bisa menghilangkan timbunan air.

Pil KB tersebut memang menimbulkan efek yang berbeda dibandingkan dengan alat kontrasepsi lainnya. Alat kontrasepsi seperti suntikan bisa memicu terjadinya peningkatan lemak dalam tubuh. Sedangkan pada pemasangan implan kontrasepsi, kenaikannya pun tidak sebesar pada tindakan suntik.

Oleh sebab itu, Anda memang harus lebih berjaga-jaga bila memilih suntik kontrasepsi dalam mengontrol kehamilan.

Meski demikian, menurut Mary Jane Minkin, M.D., seorang ginekolog dari Yale New Haven Hospital, tak sedikit juga wanita yang langsung menyalahkan pil kontrasepsi atau alat kontrasepsi hormonal lain begitu mereka mengalami kenaikan berat badan.

Padahal, terjadinya kenaikan berat badan seiring bertambahnya usia memang wajar dan bukan sepenuhnya salah pil kontrasepsi. Kekurangan aktivitas fisik dan tidak menjaga pola makan juga bisa jadi penyebab utama dari kegemukan Anda.

Efek dan larangan mengonsumsi pil kontrasepsi

Anda sudah mengonsumsi pil kontrasepsi yang mengandung drospirenone, tetapi Anda masih saja menggemuk? Jangan ragu untuk segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter. Imbangi pula dengan menjaga pola makan dan olahraga yang teratur.

Selain itu, ada pula efek samping lain yang kerap kali ditemukan, seperti:

  • Haid tidak teratur
  • Keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasi
  • Rasa nyeri pada payudara
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Rasa kembung

 

Efek samping yang dihasilkan oleh pil kontrasepsi pada tiap wanita tentu bervariasi, karena masing-masing orang memiliki kondisi tubuh yang tidak sama.

Sebagai informasi tambahan, menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons dari KlikDokter, ada beberapa kondisi dimana Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi pil kontrasepsi, misalnya memiliki tekanan darah tinggi, riwayat migrain, riwayat kanker payudara, dan penyakit kronis lainnya.

Faktanya, pil kontrasepsi hanya menyebabkan peningkatan berat air pada tubuh Anda. Itu pun tidak berlaku pada semua jenis pil. Ada jenis pil kontrasepsi lain yang disinyalir tidak menimbulkan kenaikan berat badan.

Kenaikan berat badan pada wanita akibat pil kontrasepsi merupakan penimbunan cairan yang bisa diatasi dengan diet sehat dan olahraga secara teratur. Konsultasikanlah kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengenai pemilihan alat kontrasepsi terbaik bagi Anda.

[NP/ RVS]

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel

Apah Benar Rutin Konsumsi Obat Diabetes Membuat Ginjal Rusak ?

Terbaru dari Health

close