Anies-Sandi Beda Omongan Soal Batalnya Groundbreaking Rumah DP 0 di Rorotan

joesep 2018-03-01 128


PALMERAH -- Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Anies Baswedan-Sandiaga Uno berbeda omongan terkait batalnya groundbreaking rumah tapak DP 0 rupiah di Rorotan, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2018).  

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan rumah tapak DP 0 di Rorotan bukan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Rumah DP 0 yang menjadi program Pemprov DKI baru yang sudah diluncurkan di Pondok Kelapa.

"Anda cek saja program siapa, program Pemprov? Tidak ada, cek saja," ujar Anies di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (28/2/2018).

Rumah tapak DP 0 di Rorotan memang dibangun di  lahan seluar 1,3 hektar oleh perusahaan swasta yaitu PT Nusa Kirana.

Namun, dia mengingatkan bahwa rumah DP 0 merupakan program Pemprov DKI Jakarta sehingga penyediaannya harus mengikuti aturan Pemprov DKI Jakarta.

"Ada aturannya. Kalau swasta mau selenggarakan silakan saja, kami tidak pernah melarang, tetapi kalau melibatkan Pemprov, maka harus mengikuti dan benar cara payung aturannya, payung hukumnya," ujar Anies.

Dia memastikan tidak ada acara groundbreaking rumah tapak DP 0 di Rorotan hari ini.

Anies mengatakan Pemprov DKI tidak akan meluncurkan sesuatu yang belum matang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebelumnya menyebutkan bahwa groundbreaking rumah tapak DP 0 itu akan dilakukan pada 28 Februari ini.

"Tanggal 28 ini insya Allah groundbreaking," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin lalu.

Tapi hari ini Sandiaga mengatakan groundbreaking ditunda karena belum mencapai kesepakatan soal harga dan skema pembayaran program tersebut.

"Arahan saya jangan terlalu dipaksakan kalau memang belum ada yang sinkron, tunda saja dulu, pastikan dari harga dan skema. Itu kemarin belum ada sinkronisasinya," ujar Sandiaga di Balai Kota, Rabu (28/2/2018) seperti ditulis kompas.com dalam berita berjudul "Sandi Bilang Ditunda, Panitia Tetap Siapkan "Groundbreaking" Rumah Dp 0 Rupiah".

Lurah Rorotan, Yuyun, pada Jumat pekan lalu juga mengatakan hal yang sama bahwa groundbreaking akan dilakukan pada hari ini dan akan dilakukan oleh Gubernur Anies Baswedan.

"Rencananya peletakan batu pertama oleh Pak Gubernur (Anies Baswedan) sekitar 28 Februari," ujar Yuyun saat dihubungi Kompas.com, Jumat itu. 

Sementara itu, di lokasi groundbreaking, petugas Marketing Communication PT Nusa Kirana, Ichwan Muslim, mengatakan bahwa acara groundbreaking tetap dilaksanakan sesuai rencana.

Pada panggung yang disiapkan, terpampang tulisan berbunyi "Peresmian lokasi pembangunan perumahan DP 0 rupiah Pesona Rorotan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta".(Jessi Carina/Ardito Ramadhan)

Sebagian besar artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Cek Saja Rumah Tapak Rorotan Program Siapa, Program Pemprov? Tidak Ada".

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel

Tidak ada artikel terkait

Terbaru dari Keuangan

close