5 Jenis Makanan yang Harus Dimakan Agar Kamu Nggak Depresi


Makanan anti depresi/copyright Pixabay.com

 

Terlalu banyak kegiatan, bertemu dengan banyak orang dan menghadapi tekanan pekerjaan, pasti membuat siapapun rentan stres dan bahkan depresi. Mesti tidak mengalami sakit fisik, namun secara mental, orang yang mengalami stres akut hingga depresi sudah tidak sehat.

 

Oleh karena itu, jika sudah menyadari dari awal bahwa stres bisa menimbulkan depresi dan bisa sangat membahayakan kesehatan, ada baiknya jika mulai mengonsumsi banyak makanan-makanan berikut ini.

 

1. Ikan

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan sangat membantu mengurangi gejala depresi. Dalam sebuah penelitian bahkan dibuktikan bahwa minum suplemen EPA atau minyak ikan setara dengan mengonsumsi obat anti-depresi. Ikan-ikan seperti tuna, salmon, sarden, dan teri atau ikan lat lainnya punya kandungan asam lemak omega-3 lebih banyak.

 

2. Telur dan Jamur

Makanan tinggi vitamin D seperti telur dan jamur sangat membantu mengurangi stres dan mencegah depresi. Vitamin D sangat dibutuhkan karena sebagai katalis bereaksi dengan hormon tubuh, memegang peran penting menjaga fungsi optimal otak dan syaraf.

 

3. Kurangi makan junk food, perbanyak sayur

Makanan olahan seperti gorengan, kentang goreng, sosis, burger, dan lainnya tak hanya bikin gemuk tapi juga merusak suasana hati. Jenis makanan ini menimbulkan inflamasi dalam tubuh, tidak terkecuali otak yang berhubungan dengan pemicu depresi. Makanlah lebih banyak sayuran untuk mengurangi infalamsi dan mencegah depresi.

 

4. Dark cokelat

Sudah dibuktikan banyak penelitian dan psikologis bahwa dark cokelat bisa menurunkan stres, mencegah depresi dan meningkatkan mood. Flavonoid dalam cokelat membantu membuat saraf rileks, menurunkan inflamasi dalam tubuh dan melancarkan aliran darah.

 

5. Tempe dan Yogurt

Makanan yang difermentasi seperti tempe, yogurt, kimchi, dan lainnya yang mengandung probiotik tidak hanya baik untuk usus tapi ternyata juga bisa menurunkan risiko depresi karena mengurangi inflamasi tubuh.

 

Sekian makanan di atas sangat baik dalam mencegah depresi dan menjaga kesehatan fisik serta mental seseorang. Jadi, jika kamu sudah merasa stres dan lelah menghadapi kehidupan, makanlah makanan-makanan di atas ya ladies. Jangan sampai kamu depresi ya!

 

(vem/feb)

 

Di kutip dari vemale.com

Artikel Menarik Lainnya:

Rekomendasi Artikel


Aplikasi yang digunakan Untuk membuat Aplikasi dengan PHPPenulisan [PHP] Terpisah dari Kontrol StrukturPenulisan PHP pada Elemen FormCara Penulisan Script PHP Di BodyPenulisan PHP Menggunakan Semi Kolon

Terbaru dari Health


Search


Top Stories


  1. Membuat Perulangan Segitiga Bintang Dengan PHP

    on 2018-01-12

  2. Membatasi Jumlah Karakter dengan PHP

    on 2018-01-23

  3. Kenapa Telinga Gatal dan Berair

    on 2018-04-13

  4. Membuat Tanggal dan Zona Waktu Sederhana dengan PHP

    Admin on 2017-11-26

  5. Membuat Paragraf Otomatis dengan Script PHP

    on 2018-01-26

Other Post


Top Videos


  1. Founder SB1M dan Pemilik Distro BLOOP ini BANGKIT dari BANGKRUT 16x dan HUTANG 11M | Christina Lie

    joesep on 2019-06-04

  2. vivo Z1 Pro VS OPPO A9 2020 | Duel HP 3 Jutaan Terbaik 2019!

    joesep on 2019-09-26

  3. FILM Horor Terbaru "SABRINA THE DOLL 2" Full Movie 2018

    Andri03 on 2018-08-01

  4. Sandiaga Uno Resmi Mundur dari Ketua Tim Pemenangan Partai Gerindra

    joesep on 2018-07-31

  5. Aplikasi Kasir Point of Sale Restoran / Kafe Berbasis WEB

    joesep on 2018-08-15

close