Lifestyle

Tips Mudik Aman Dengan Kendaraan Pribadi


Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahunnya. Walaupun jalanan macet bukan menjadi halangan, jarak yang ditempuh berpuluh-puluh kilometer juga bukan menjadi halangan untuk bisa berkumpul bersama saudara. Bagi mereka yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan aman.

 

Barang Bawaan

Sebelum memutuskan mudik, aturlah barang bawaan setidaknya 1 hari sebelum hari H. Buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa agar ketika sudah sampai kampung halaman tidak ada barang yang lupa dibawa.

 

Kondisi Kendaraan

Kendaraan menjadi faktor utama ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan keadaan kendaraan baik motor ataupun mobil sudah sesuai dengan standar. Sebaiknya servis kendaraan di bengkel resmi agar bisa diperiksa secara menyeluruh.

 

Perlengkapan Kendaraan

Seluruh peralatan harus tersedia, hal ini berfungsi ketika mobil atau motor mengalami masalah saat perjalanan menuju kampung halaman. Beberapa perlengkapan yang harus dibawa antara lain dongkrak, tang, kunci pas, obeng dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang akan dibawa.

 

Kotak p3k

Barang yang satu ini sangat penting, mengingat perjalanan yang ditempuh sangat jauh usahakan selalu membawa kotak p3k. Minyak angin, betadine, dan obat sakit kepala adalah obat yang harus ada dalam kotak p3k.

 

Hiburan

Macet di dalam perjalanan mudik memang hal yang sudah biasa. Bagi kita yang menggunakan mobil, sediakan playlist lagu agar dalam perjalanan tidak mudah bosan. Bisa juga memasukkan lagu bahasa inggris, dengan mendengarkannya kita bisa sekalian belajar bahasa inggris percakapan melalui lagu tersebut.

Di dalam perjalanan mudik sebenarnya banyak yang harus disiapkan, fisik juga merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Kondisi yang sehat akan membuat kita nyaman dalam perjalanan. Ketika lelah dalam perjalanan sebaiknya jangan dipaksakan, berhentilah sejenak untuk melepas lelah. Demikian ulasan tentang Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran semoga bermanfaat.


Rekomendasi Artikel

Baca yang ini juga:

Get our newsletter