Kumparan

Pemerintah Ancam Akan Tindak Tegas Para Penyebar Hoaks



Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyatakan bahwa aparat keamanan akan menangkap para penyebar hoaks.

"Sekarang kami melacak hoaks itu muncul pertama kali dari siapa, kami harus tahu di sana dan kami akan tangkap," kata Wiranto di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Menurut Wiranto, saat ini pemerintah tengah gencar mendeteksi pelaku dan penyebar informasi bohong tersebut.

"Kami akan mendeteksi itu dan kami akan menindak dengan tegas dan keras. Kami tidak peduli lagi sekarang terhadap masyarakat, unsur-unsur masyarakat (atau) perorangan," kata dia.

"Yang nyata-nyata melanggar hukum, mengganggu ketertiban umum, mengacaukan program pemerintah bersama rakyat (akan ditindak tegas)," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan, memasuki tahapan Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019 berita bohong bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) kian banyak beredar di media sosial.

Selain itu, tuduhan yang belum terbukti pun beredar di masa kampanye pilkada. Misalnya, dugaan ijazah palsu, utang piutang, permasalahan privasi pasangan calon, serta upaya memantik dengan klaim gerakan kelompok massa.

"Banyak beredar juga akun-akun media sosial dengan nama palsu dengan tujuan ikut berkampanye," ucap Tjahjo.

 

 

 

 

Source : kompas.com


Rekomendasi Artikel

Baca yang ini juga:

Get our newsletter