PHP

Mengambil Alamat URL WEB dengan PHP


Dulu saya pas pertama belajar membuat WEB pernah nyari ini script tentang gimana mengambil sebuah URL setelah googling akhirnya ketemu juga script yang bisa mengambil semua URL termasuk semua variabel yang ada di URL. Pada suatu saat, kamu mungkin akan perlu juga untuk mengetahui asal pengunjung yang datang ke website yang kamu buat bukan? Hal itu bisa dilakukan dengan mudah apabila kamu menggunakan PHP.

Scriptnya juga sangat singkat. mari kita lihat.

Kita akan menggunakan salah satu variabel yang dinamakan HTTP_REFERER. Misalnya kamu ingin mengetahui alamat website mana saja yang mereferensikan situs kamu, maka kamu cukup menyisipkan script ini.

echo $_SERVER['HTTP_REFERER'];

Coba deh buat sebuah halaman web sederhana berisi script singkat di atas, katakanlah kamu simpan dengan nama coba_referer.php. Langkah berikutnya adalah membuat link dari domain lain ke halaman coba_referer.php tersebut.

Untuk mencobanya, kamu bisa mengklik link yang ada di domain lain tadi untuk membuka coba_referer.php, dan halaman web tersebut akan menampilkan domain asal tempat kamu mengklik link tadi.

Mudah-mudahan bermanfaat.


Rekomendasi Artikel

Baca yang ini juga:

Get our newsletter