Health

Ini Dia Makanan dan Minuman Penyebab Hipoglikemia



Normalnya, tubuh mampu menjaga kadar glukosa darah tetap dalam nilai normal, melalui respons pankreas dalam sekresi insulin dan glukagon. Setelah makan, makanan dipecah menjadi glukosa dan terjadi peningkatan kadar gula darah. Pankreas berespons terhadap peningkatan kadar gula darah dengan mensekresi hormon insulin yang memungkinkan glukosa darah masuk ke dalam sel untuk dipergunakan sebagai energi. Glukosa juga diambil oleh hati dan disimpan dalam bentuk glikogen sebagai cadangan. Saat konsentrasi glukosa darah telah menurun, pankreas menurunkan sekresi insulinnya untuk menjaga agar kadar gula darah tidak terlampau rendah. Pankreas juga mensekresi hormon glukagon untuk pemecahan cadangan glikogen dari hati jika diperlukan.

 

Pada reactive (post prandial) hipoglikemia, terjadi defek pada mekanisme normal, dengan berbagai penyebab yang hingga saat ini masih terus diteliti. Yang dimaksud reactive hypoglycemia atau post prandial hypoglycemia adalah suatu kondisi di mana kadar glukosa darah menurun di bawah nilai normal pada 2-5 jam setelah makan.

 

Kondisi ini ternyata dapat terjadi bila Anda mengonsumsi beberapa makanan yang dapat menyebabkan hipoglikemua, antara lain:

 

1. Makanan kaya karbohidrat sederhana

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak pada sekali waktu makan, makanan jenis ini dapat menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah yang memicu over produksi insulin oleh pankreas, yang selanjutnya dapat menyebabkan penurunan kadar glukosa darah di bawah nilai normal (hipoglikemia).

 

Contoh makanan kaya karbohidrat sederhana adalah cakes, cookies, permen, minuman soda, gula, es krim, yoghurt, jus buah, teh manis, sirop, dan camilan kaya gula lainnya.

 

2. Makanan dan minuman berkafein

Makanan ini dapat merangsang produksi adrenalin yang menimbulkan gejala menyerupai hipoglikemia.

 

3. Konsumsi alkohol tanpa makanan

 

Hal ini dapat mengganggu hati dalam melepaskan cadangan glukosa (gluconeogenesis).

 

Selain menghindari makanan yang dapat menyebabkan hipoglikemia, Anda juga dianjurkan mengonsumsi makanan beragam bergizi seimbang dengan memperhatikan jumlah, jenis, dan jadwal makan, seperti memilih makanan sumber karbohidrat kompleks dengan tingkatan asupan serat yang tinggi, memasukkan sumber protein rendah lemak di setiap waktu makan, termasuk snack, seperti ayam tanpa kulit, ikan, telur, dan produk olahan kedelai, serat memilih sumber lemak sehat seperti kacang-kacangan, avokad, zaitun, dan minyak zaitun.

 

 

 

Sumber: Majalah Silver Siloam Hospitals


Rekomendasi Artikel

Baca yang ini juga:

Get our newsletter