PHP

Cara Membatasi Data yang Tampil Dari Database Mysql


Banyak kasus pada sebuah manipulasi data menggunakan sebuah database seperti MYSQL, Tentunya dalam membuat sebuah aplikasi berbasis web seringkali kita melihat ada sebuah data yang di tampilkan dari database tidak sepenuhnya di tampilkan alias setengahnya atau beberapa data saja yang di tampilkan atau hanya data baru saja yang di tampilkan. Di dalam kasus ini kita perlu yang namanya batasan tampilkan pada sebuah database terutama pada pembahasan ini ialah pada database MYSQL, yang perlu kita ketahui ialah kita memahami konsep dasar query MYSQL setelah kita mengetahui konsep dasar query maka kitabisa dengan mudah membuat manipulasi database dengan MYSQL. Bagi developer web/desktop/mobile tentunya hal ini sangat penting. Oke tidak perlu panjang lebar pertama kita buat query dasar untuk menampilkan data dari databse mysql. berikut contohnya dibawah ini.

 

SELECT * FROM nama_table

 

Cara Membatasi Data yang Tampil Dari Database Mysql

Cara Membatasi Data yang Tampil Dari Database Mysql

 

Untuk menampilkan semua atau keseluruhan data dari dari database mysql kita bisa gunakan query diatas. Namun bagaimana jika kita hanya menampilkan data beberapa saja. Contohnya kita bisa gunakan query LIMIT, seperti dibawah ini.

 

SELECT * FROM nama_table LIMIT 5

 

Artinya query diatas menampilkan data hanya 5 dari sebuah database. Nah bagaimana jika kita menampilkan data dengan batasan dari depan atau belakang atau dari hasil query terbaru dan hasil query database yang awal. Kita bisa gunakan perintah DESC/ASC pada query tersebut. Contoh seperti dibawah ini.

 

SELECT * FROM nama_table ORDER BY id_table DESC  LIMIT 5

 

Query diatas artinya menampilkan data 5  di urutkan berdasarkan id_table dari data id yang terbesar. Oke sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat.


Rekomendasi Artikel

Baca yang ini juga:

Get our newsletter