Health

Begini Cara turunkan berat badan dengan bawang putih


Siapa yang tidak kenal dengan bawang putih? Ya, bumbu masakan yang memiliki aroma khas ini sudah tidak asing lagi di dengar ditelinga, terutama untuk para wanita yang suka memasak. Bawang putih sendiri merupakan salah satu bumbu dasar untuk masakan indonesia, hal ini bisa terbukti dari banyaknya kuliner khas Indonesia yang tidak bisa terlepas dari rempah ini.

Selain dijadikan sebagai bumbu untuk memasak bawang putih itu sendiri dipercaya memilliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti, Mencegah penyakit jantung, mencegah kanker serta untuk melawan infeksi. Bahkan pada jaman dahulu bawang putih digunakan oleh orang Eropa sebagai pelindung tubuh dari wabah hitam yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Ketika Perang Dunia I dan II pun tidak terlepas dari pemanfaatan bawang putih, dimana pada saat itu untuk melindungi dari gangren prajurit diberikan bawang putih. Sangat bermanfaat bukan?

Nah,  dibalik itu semua ternyata ada salah satu manfaat bawang putih yang tersembunyi. Dimana semua orang belum mengetahui manfaat yang satu ini. Ternyata selain bermanfaat untuk bumbu masakan dan juga kesehatan, bawang putih juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Wah, ini merupakan kabar gembira untuk anda yang memiliki berat badan yang berlebih. Dalam hubungannya dengan masalah berat badan, bawang putih merupakan makanan ajaib, mengapa? Ya, karena kandungan yang terdapat pada bawang putih seperti senyawa allicin memiliki manfaat sebagai anti-bakteri serta dapat membaantu mengurangi lemak tidak sehat dan kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh. Lantas bagaimana cara menurunkan berat badan dengan bawang putih? Nah, agar anda tidak penasaran lagi anda bisa simak penjelasan di bawah ini.

Cara menurunkan berat badan dengan bawang putih

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk bisa menurunkan berat badan menggunkan bawang putih yaitu, memilih bawang putih. Pilihlah bawang putih tanpa dikemas di dalam plastic. Hal ini bertujuan agar anda dapat dengan mudah memeriksa kualitas dari bawang putih itu sendiri. Selain itu anda juga harus memilih bawang putih yang masih segar dan tidak lembek serta tidak memiliki bintik-bintik berwarnna coklat.
  2. Langkah selanjutnya anda bisa mengkonsumsi langsung bawang putih secara rutin. Namun, sebelum mengkonsumsinya alangkah baik nya bawang putih ditekan atau diremukan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari bawang putih itu sendiri.
  3. Bawang putih memang memiliki bau yang menyengat, untuk menghindari bau yang menyengat dari bawang putih anda bisa memanggang sampai empuk.
  4. Namun, apabila anda tidak suka mengkonsumsi bawang putih secara langsung anda bisa memanfaatkan salad. Caranya yaitu sebelum memasukan salad hijau pada mangkuk, hal yang harus anda lakukan yaitu gosokan terlebih dahulu bagian dasar mangkuk menggunakan bawang putih. Atau anda juga bisa menambahkan bawang putih segar dengan dilumatkan pada salad.
  5. Selain itu, anda juga bisa membuat roti bawang putih yang bebas lemak. Caranya yaitu siapkan sepotong roti, kemudian gosok dasar penggorengan atau teflon yang digunakan untuk menggoreng roti dengan sepotong bawang putih. Setelah itu masak roti hingga berwarna kecoklatan.

Dalam memanfaatkan bawang putih untuk diet gar mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, anda bisa mengiris atau menghancurkan terlebih dahulu bawang putih, kemudian diamkan pada udara terbuka selama 10 menit sebelum dikonsumsi atau digunakan untuk memasak.

Nah, hampir semuanya bawang putih menawaarkan banyak sekali manfaat. Untuk itu memanfaatkan bawang putih untuk menurunkan berat badan sangat dianjurkan untuk anda semuanya yang sedang menjalankan diet.


Rekomendasi Artikel

Baca yang ini juga:

Get our newsletter